Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DENGAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA

Attaisirotul Wafiyah

Abstrak


Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan kecenderungan yang menyangkut perasaan senang, keinginan, harapan, ketertarikan serta dorongan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi setelah lulus dari sekolah menengah. Efikasi diri yaitu keyakinan yang dimiliki individu mengenai kemampuan dirinya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tingkat pendidikan orang tua merupakan jenjang pendidikan yang telah ditempuh orangtua melalui pendidikan formal di sekolah dari tingkat yang paling rendah sampai tingkat yang paling tinggi.

Penelitian ini bertujuan

1) Mengetahui minat melanjutkan ke perguruan tinggi, efikasi diri dan tingkat pendidikan orangtua siswa kelas XII SMA.

2) Mengetahui hubungan efikasi diri dengan minat melanjutkan ke perguruan tinggi, tingkat pendidikan orangtua dengan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, hubungan efikasi diri dan tingkat pendidikan orangtua dengan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi

Subjek penelitian 51 siswa SMA kelas XII di Kecamatan Glagah, Lamongan.Data penelitian diperoleh menggunakan dua skala yaitu skala minat dan skala efikasi diri serta satu angket tingkat pendidikan orangtua. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi.

Hasil penelitian menunjukkan

1) Siswa kelas XII SMA di Kecamatan Glagah memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, memiliki efikasi diri yang tinggi, memiliki orangtua dengan tingkat pendidikan menengah.

2) Analisis korelasi sederhana menujukkan terdapat hubungan antara efikasi diri dengan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, terdapat hubungan antara tingkat pendidikan orangtua dengan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

 

3) Analisis korelasi ganda menunjukkan terdapat hubungan antara efikasi diri dan tingkat pendidikan orangtua dengan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.