Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Persepsi Polwan pada Kepemimpinan Kapolres dan Work Life Balance di Polres Pasuruan

Putra Kusuma Ega P

Abstrak


RINGKASAN

Putra, Kusuma Ega P. 2019. Hubungan antara Persepsi Polisi Wanita pada Kepemimpinan Kapolres dan Work Life Balance di Polres Pasuruan. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang,

Pembimbing:

Dr. Imanuel Hitipeuw, MA.

 

Kata Kunci: persepsi pada kepemimpinan, work life balance, polisi wanita Polres Pasuruan.

Setiap wanita yang bekerja dan berkarir mengharapkan terciptanya work life balance dengan terpenuhinya aspek keseimbangan waktu (time balance), keseimbangan keterlibatan (involvement balance), dan keseimbangan kepuasan (satisfaction balance) dalam kehidupan kerjanya. Terciptanya work life balance salah satunya dapat dipengaruhi oleh persepsi anggotanya pada kepemimpinan pemimpin organisasi.

Penelitian ini bertujuan untuk

( 1 ) mengetahui gambaran persepsi polwan pada kepemimpinan kapolres;

( 2 ) mengetahui gambaran work life balance polwan;

( 3 ) mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi polwan pada kepemimpinan kapolres dan work life balance di Polres Pasuruan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional yang pengambilan sampelnya menggunakan cara nonprobability sampling yakni sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan 2 instrumen yang dikembangkan oleh peneliti. Skala pertama yakni skala persepsi pada kepemimpinan dengan reabilitas Alpha Cronbach 0,883 dan skala work life balance dengan reabilitas Alpha Cronbach 0, 892 . Uji hipotesis menggunakan analisis Pearson Product Moment.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa

(1) sebagian besar polisi wanita di Polres Pasuruan memiliki persepsi yang positif pada kepemimpinan kapolres (74%);

(2) sebagian besar polisi wanita di Polres Pasuruan memiliki work life balance yang tinggi (76%); dan

(3) ada hubungan yang kuat antara persepsi pada kepemimpinan dan work life balance dengan signifikansi ( 0.000 < 0,005 ) dan korelasi positif dengan nilai rxy = 0, 839 pada polwan Polres Pasuruan.

Terdapat beberapa saran yang ingin peneliti sampaikan yakni,

(1) Bagi Polres Pasuruan atau kapolres dapat menjadi acuan dalam melihat persepsi para anggotanya terutama para polisi wanita terhadap kebijakan-kebijakan yang berlaku;

(2) polwan dapat mengkomunikasikan segala hal yang dalam pekerjaannya dengan pimpinan atau kapolres dan keluarga agar komunikasi berjalan dengan baik, positif serta mencegah terjadinya konflik dalam kedua perannya;

 

(3) peneliti dapat menyempurnakan keterbatasan-keterbatasan yang terdapat pada penelitian ini seperti mengembangkan variabel yang ada atau menggunakan variabel lain dan indikator yang sudah ada.