Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Religiusitas sebagai Prediktor Perilaku Hedonik pada Anak Punk di kota Malang

Bahaduri Taju

Abstrak


Abstrak

Bahaduri, Taju. 2018. Religiusitas sebagai Prediktor Perilaku Hedonik pada Anak Punk di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing

(I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si,

(II) Dr. Nur Eva., S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: religiusitas, perilaku hedonik, anak punk Anak Punk di Kota Malang memiliki cara hidup yang bebas dan memiliki tujuan hidup untuk mencari kesenangan penuh.

Hidup dengan penuh kenikmatan seperti bebasnya aktivitas seksual, minum minuman keras, dan menonton konser musik, tetapi anak Punk juga memiliki aturan sendiri yang dipegang dalam ideologi Punk. Namun, beberapa anak Punk juga melakukan kegiatan sosial masyarakat, membantu sesama individu dalam kehidupan sosial di masyarakat, dan ikut membela apa yang benar seperti halnya penista agama, karena religiusitas pada seseorang menjadi sumber dorongan bahkan ketahanan untuk berperilaku. Hal tersebut terjadi karena adanya pengaruh antara religiusitas dan perilaku hedonik yang dilakukan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui

(a) bagaimana religiusitas pada anak Punk di Kota Malang,

(b) bagaimana perilaku hedonik pada anak Punk di Kota Malang, dan

(c) apakah religiusitas merupakan prediktor perilaku hedonik pada anak Punk di Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan dekriptif kausalitas dengan subjek seluruh anak Punk di Kota Malang. Subjek penelitian dipilih menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah subjek sebanyak 60 anak Punk di Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan skala religiusitas dengan reliabilitas 0,877 dan skala perilaku hedonik dengan reliabilitas 0,860.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa

(1) 60% anak Punk di Kota Malang memiliki religiusitas yang rendah,

(2) 52% anak Punk di Kota Malang memiliki perilaku hedonik yang tinggi, dan

(3) hasil uji regresi menunjukkan religiusitas merupakan prediktor perilaku hedonik dengan nilai R sebesar 0,371. Kontribusi dari religiusitas sebesar 0,138 (13,8%) yang menunjukkan bahwa pengaruh religiusitas terhadap kemunculan perilaku hedonik pada anak Punk di Kota Malang sebesar 13,8%. Saran yang diberikan kepada anak Punk di Kota Malang adalah meningkatkan ajaran agama yang dianutnya ke dalam perilaku sehari-hari dan evaluasi diri untuk mempertimbangkan perilaku hedonik yang tinggi. Kemudian untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian mengenai religiusitas dan perilaku hedonik menggunakan metode kualitatif atau menguji variabel lain seperti kebudayaan, kelas sosial dan lain-lain.