Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Sosial Pada Santri Pondok Pesantren An-Nahdliyah Karangploso Malang

Ivianti Herni Nur

Abstrak


RINGKASAN

Ivianti, Herni Nur. 2019.Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Sosial Pada Santri Pondok Pesantren An-Nahdliyah Karangploso Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dr. Nur Eva, S.Psi., M.Psi.

(II) Farah Farida Tantiani, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: Dukungan Sosial Teman Sebaya, Penyesuaian Sosial, Santri Pondok Pesantren

Sebagian individu memiliki keterbatasan dalam melakukan penyesuaian sosial di lingkungan baru tidak selalu dapat dijalani dengan baik oleh santri baru, faktanya banyak dari santri tersebut mengalami kendala dalam berbagai hal, termasuk kurangnya dukungan sosial teman sebaya, dukungan sosial sangat penting untuk menunjang penyesuaian sosial pada diri individu agar lingkungan sosialnya terasa nyaman bagi individu tersebut maupun bagi orang dilingkungan itu sendiri.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian sosial pada santri pondok pesantren An-Nahdliyah Karangploso Malang.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah incidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 45 dari 126 populasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan penyesuaian sosial dengan nilai korelasi sebesar 0,722, dengan signifikansi 0,000 (p-value < 0,05). Dengan presentase dukungan sosial sebesar 51,1% dan penyesuaian sosial sebesar 40,0%. yang artinya semakin tinggi dukungan sosial yang didapat maka semakin tinggi pula penyesuaian sosial pada santri pondok pesantren An-Nahdliyah Karangploso Malang. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan  penyesuaian sosial pada santri pondok pesanttren An-Nahdliyah

Saran yang diberikan dalam penelitian ini bagi santri pondok pesntren diharapkan bisa saling memberikan dukungan sosial, meskipun dengan santri yang memiliki karakter berbeda agar dapat mencapai penyesuaian sosial yang baik. Bagi pihak pondok pesantren diharapkan dapat membantu memberikan dukungan kepada para santri saat mengalami kesulitan, serta memberikan motivasi untuk para santri pondok pesantren. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan untuk menambah subjek yang berjenis kelamin laki-laki, dan diharapkan dapat meneliti dengan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan penyesuaian sosial, seperti kesehatan dan kondisi jasmaniah, kondisi psikologis, serta budaya dan agama.