Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN GAYA HIDUP HEDONIS DAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Saputra Ekky Jorgian Indra

Abstrak


RINGKASAN

Saputra, Ekky Jorgian Indra. 2019. Hubungan Gaya Hidup Hedonis dan Stres Akademik pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

Drs. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Kata Kunci: gaya hidup hedonis, stres akademik, mahasiswa FEB

Stres merupakan keadaan yang dapat membuat seorang individu mengalami perasaan tegang, cemas dan tertekan. Proses perkuliahan dalam perguruan tinggi adalah salah satu pengalaman yang dapat mendatangkan stres dan tekanan, sehingga muncul yang dinamakan stres akademik. Stres akademik merupakan sebuah situasi dimana tubuh melakukan respon terhadap tuntutan-tuntutan ataupun tekanan-tekanan dalam bidang akademik, yang biasanya dapat mempengaruhi kognitif, emosi maupun perilaku seorang mahasiswa, salah satunya diakibatkan oleh gaya hidup hedonis. Gaya hidup hedonis adalah sebuah pola hidup yang dimiliki oleh seseorang berdasarkan nilai yang dianut pada sebuah kelompok, dimana nilai-nilai tersebut akan mempengaruhi kepribadian, metode pemecahan masalah, opini tentang diri dan cara seseorang dalam memandang dunia, yang semuanya berkaitan dengan kesenangan hidup.

Penelitian ini bertujuan untuk:

(1) mengetahui gambaran gaya hidup hedonis pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya,

(2) untuk mengetahui gambaran stres akademik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya,

(3) untuk mengetahui hubungan gaya hidup hedonis dan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, yakni penelitian yang mengkaji hubungan antar variabel dimana penelitian ini bertujuan untuk meneliti populasi dari objek penelitian pada waktu yang bersamaan. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya angkatan 2015. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 103 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah skala gaya hidup hedonis dan stres akademik yang disusun oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup hedonis dan stres akademik mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya sebagai berikut:

(1) sebagian besar mahasiswa memiliki gaya hidup hedonis tinggi (58%),

(2) sebagian besar mahasiswa juga memiliki stres akademik tinggi (63%),

(3) hubungan antara gaya hidup hedonis dan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya adalah positif dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (rxy = 0,674). Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi gaya hidup hedonis yang dimiliki, maka semakin tinggi pula stres akademik yang dialami oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, disarankan agar responden dapat menentukan batasan waktu untuk pemenuhan tuntutan gaya hidup hedonisnya dengan memberikan jadwal khusus, seperti seminggu sekali atau dua kali, dan tidak melalaikan pengerjaan tugas-tugas akademik agar semuanya dapat berjalan beriringan.