Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi BullyingAnakPantiAsuhanMuhammadiyah Malang.

Hermawan Machfud

Abstrak


RINGKASAN

Hermawan, Machfud, 2018. Persepsi Bullying Anak Panti Asuhan Muhammadiyah Malang. Skripsi, JurusanPsikologi, FakultasPendidikanPsikologi, UniversitasNegeri Malang.

Pembimbing

(1) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed.,

(2) Pravissi Shanti, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci :Persepsi Bullying, Anak, PantiAsuhanMuhammadiyah Malang

Persepsi merupakan sejenis aktivitas pengelolahan informasi yang  menghubungkan seseorang dengan lingkungannya. Sedangkan buli merupakan tindakan agresi atau manipulasi yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan berulang-ulang oleh individu atau kelompok kepada individu atau kelompok lain. Persepsi buli adalah proses pengolahan dan menyimpulkan informasi yang diterima oleh pengindraan mengenai tindakan buli yang terjadi dilingkungannya. Untu kmenemukan persepsi buli, individu bisa menggunakan cara pandang mereka masing-masing terhadap fenomena yang ada di lingkungannya.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengungkap secara mendalam deskripsi fenomena persepsi buli anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode kualitatif dengan model penelitian fenomenologi Pengumpulan data menggunkan metode penelitian kualitatif. Teknikanalisis data menggunkan analisistematik.Untukmengecek hasil penelitian peneliti menggunakan beberapa informasi dari informan.Penelitian ini dilaksanakan di kota malang dengan jumlah subjek 3 orang anak yang tinggal di PantiAsuhan.

Berdasarkananalisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa gambaran persepsi buli anak Panti Asuhan Muhammadiyah Malang. Pengertian buli adalah tindakan menyakiti hati orang lain, tindakan agresif terhadap orang yang ada disekitarnya dan perbuatan mengasari korban yang terlihatlemah. Hal ini bisa dilihat dari kurangnya kesadaraan diri baik korban maupun pelaku untuk menyikapi hal yang terjadi mengenai dirinya sehingga terjadi kesalah pahaman terhadap kedua belah pihak. Dampak pembulian bisa memutus tali pertemanan dan meyebabkan kurangnya keharmonisan di dalam lingkungannya. Jika pembulian terjadi di lingkungan Panti Asuhan Muhammadiyah Malang, teman yang melihat secara langsung berkeinginan untuk membantu kedua belah pihak untuk menyelesaikan permasalahanya ataumelaporkan kepadapihak yang berwajib di lingkungannya.