Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Perilaku Merokok Terhadap Prestasi Belajar Dengan Agresi Sebagai Variabel Mediator Pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang

Bimantoro Demanda

Abstrak


RINGKASAN

Bimantoro, Demanda. 2019. “Pengaruh Perilaku Merokok Terhadap Prestasi Belajar Dengan Agresi Sebagai Variabel Mediator Pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I) Dr. Sudjiono, S.Pd., M.Si.

 

Kata kunci: Perilaku merokok, agresi, prestasi belajar.

Prestasi belajar adalah skor yang diperoleh dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik dari sejumlah mata pelajaran disekolah atau perkuliahan dalam kurun waktu tertentu. Salah satu faktor internal dari sisi psikologis yang mempengaruhi prestasi belajar adalah agresi. Agresi adalah suatu bentuk tingkah laku yang cenderung mengarah kepada kekerasan seperti menyakiti diri sendiri ataupun menyakiti orang lain baik secara fisik maupun verbal. Sedangkan faktor internal lain dari prestasi belajar adalah kesehatan jasmani yang bersumber dari perilaku merokok. Perilaku merokok adalah suatu aktivitas atau tindakan menghisap tembakau kemudian dibakar dan dihembuskan, perilaku merokok dapat menimbulkan dampak kesehatan buruk baik bagi perokok itu sendiri maupun orang-orang disekitarnya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku merokok dan agresi terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

enelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan analisis jalur. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 mahasiswa perokok dari angkatan 2013 hingga 2017 di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah, skala agresi yang terdiri dari 22 aitem valid dengan reliabilitas sebesar 0,705, dan skala perilaku merokok terdiri dari 25 aitem valid dengan reliabilitas sebesar 0,712.

Hasil penelitian adalah

(1) Tingkat prestasi belajar mahasiswa perokok Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang dalam kategori rendah.

(2) Tingkat agresi mahasiswa perokok Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang dalam kategori tinggi.

(3) Tingkat perilaku merokok mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang dalam kategori tinggi.

(4) Perilaku merokok memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai R 0,293.

(5) Agresi memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai R 0,330.

(6) Perilaku merokok dan agresi secara bersama - sama memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai R sebesar 0,438.

(7) Perilaku merokok berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar dengan mediator variabel agresi.

 

Saran bagi instansi terkait untuk merumuskan pengurangan perilaku merokok mahasiswa, Kemudian bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah aitem dalam perumusan skala penelitian agar memiliki tingkat reliabilitas dan validitas tinggi sehingga dapat digunakan dalam semua lini penelitian terkait. disarankan untuk memperluas populasi penelitian dalam berbagai macam lingkup mahasiswa.