Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Terapi Menulis Ekspresif terhadap Penurunan Kecemasan pada Mahasiswa

Qonita Nurdina Lafi

Abstrak


RINGKASAN

Qonita, Nurdina Lafi. 2018. Pengaruh Terapi Menulis Ekspresif terhadap Penurunan Kecemasan pada Mahasiswa. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Penndidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I) Dr. Hetti Rahmawati, S.Psi., M.Si.,

(II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi., M.Si.

 

Kata kunci: terapi menulis ekspresif, kecemasan

Mahasiswa memiliki banyak kekhawatiran yang berasal dari sejumlah tekanan seperti tugas perkuliahan, ujian, praktikum, merasa salah memilih jurusan, nilai yang kurang memuaskan, adaptasi dengan lingkungan baru, hidup mandiri, masalah keuangan dan konflik intrapersonal (Kholidah & Alsa, 2012). Kekhawatiran tersebut menjadi kecemasan yang apabila tingkatannya besar maka akan mengganggu aktivitas dan pencapaian baik akademik maupun non akademik di kampus. Kecemasan telah menjadi permasalahan yang banyak dikeluhkan mahasiswa pada layanan konseling kampus, lebih dari masalah lain seperti depresi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi menulis ekspresif terhadap penurunan tingkat kecemasan pada mahasiswa. Partisipan dibagi ke dalam kelompok eksperimen (n=15) yang diberi intervensi berupa terapi menulis ekspresif sebanyak empat sesi dan kelompok kontrol (n=15) yang tidak diintervensi. Kecemasan diukur dengan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) pada pre-test dan post-test.

 

Hasil uji pengaruh menggunakan Mann Whitney U Test menunjukkan nilai zhitung = 4,671 dengan nilai p=0,001 sehingga H0 ditolak atau dapat dikatakan bahwa skor perolehan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Nilai r-square¬ sebesar 0,624 berarti pengaruh terapi ini terhadap kecemasan ialah sebesar 62,4%. Dapat disimpulkan bahwa terapi menulis ekspresif dapat digunakan untuk membantu menurunkan kecemasan yang terjadi pada mahasiswa.