Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Penalaran Moral Remaja Pondok Pesantren dan Sekolah Umum

Khotimah Maulani Firul

Abstrak


RINGKASAN

Khotimah, Maulani Firul. 2018. Perbedaan Penalaran Moral Remaja Pondok Pesantren dan Sekolah Umum. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing:

(I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M. Si,

(II) Drs. Moh. Bisri, M.Si.

 

Kata kunci: penalaran moral, pesantren, sekolah umum

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan penalaran moral remaja pondok pesantren dan sekolah umum. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan komparatif. Populasi adalah siswa/siswi Mts Nurul Ulum dan SMP Laboratorium UM sebanyak 73 pada masing-masing sekolah dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket terbuka mengenai penalaran moral yang diadaptasi dari Defining Issue Test (DIT) dengan reliabilitas Interclass Correlation Coeeficient (ICC) yaitu sebesar 0,834.

Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t dan deskripsi komparatif dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak artinya ada perbedaan penalaran moral remaja pondok pesantren dan sekolah umum.

Hal tersebut dapat dilihat dari:

(a) hasil nilai uji-t dengan nilai t=4,740 dan p=0,02 (p