Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Dukungan Sosial dan Penerimaan Diri pada Wanita Paska Melahirkan di Rumah Sakit Arsy Lamongan

Afriyani Nanik Nur

Abstrak


RINGKASAN

Afriyani, Nanik Nur. 2019. Hubungan Dukungan Sosial dan Penerimaan Diri pada Wanita Paska Melahirkan (Post-Partum) di Rumah Sakit Arsy Lamongan. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing

(I) Dr. Hetti Rahmawati, S.Psi., M.Si.,

(II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: dukungan sosial, penerimaan diri, wanita paska melahirkan (Post-Partum) Rumah Sakit Arsy Lamongan.

Post partum adalah masa sesudah persalinan sebagai bagian dari proses kelahiran bayi dengan tenaga ibu serta masa pemulihan kandungan sampai organ – organ reproduksi sampai kembali ke keadaan normal (Bobak, 2010). Perlu kesiapan secara mental dalam mengadapi post partum. Ibu diharapkan memiliki pemikiran yang dewasa yang ditandai dengan peralihan dari ketergantuan kemasa mandiri, baik segi ekonomi, kebebasan menentukan sendiri, dan pandangan tentang masa depan yang lebih realistis. Berdasarkan teori dari Hurlock (2008) faktor penting dalam penerimaan diri wanita paska melahirkan adalah faktor eksternal (tidak adanya hambatan dari lingkungan, sikap sosial yang positif, tidak mengalami tekanan yang berat) dan faktor internal (pemahaman diri, konsep diri yang stabil, harapan yang realistis). Tujuan dari penelitian ini untuk:

(1) mengetahui apakah ada hubungan dukungan sosial dan penerimaan diri pada wanita paska melahirkan (post-partum) di Rumah Sakit Arsy Lamongan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif korelaional. Populasi dalam penelitian tidak diketahui sehingga peneliti mengambil sampel uji coba tiga puluh orang dan sampel penelitian tiga puluh orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Uji hipotesis menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan paska melahirkan di Rumah Sakit Arsy Lamongan memperoleh dukungan sosial dalam kategori sedang dan memiliki penerimaan diri dalam kategori sedang. Hipotesis diterima, Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan penerimaan diri pada wanita paska melahirkan. Artinya ada hubungan positif antara dukungan sosial dan penerimaaan diri, hal ini berarti semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pula penerimaan diri yang dimunculkan pada wanita paska melahirkan, sebaliknya jika dukungan sosial yang diberikan semakin rendah maka semakin rendah pula penerimaan diri yang dimunculkan oleh wanita paska melahirkan tersebut.