Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian di Kafe Warunk14 Kota Malang

Pratama Rizal Adhi

Abstrak


RINGKASAN

Pratama, Rizal Adhi. 2019. Hubungan Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan

Pembelian Di Kafe Warunk14 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi,

Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si,

(II) Gamma Rahmita U.H, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: kepuasan konsumen, keputusan pembelian, pengunjung kafe Warunk14 kota Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui

(1) gambaran kepuasan konsumen di kafe Warunk14 kota Malang

(2) gambaran keputusan pembelian di kafe Warunk14 kota Malang

(3) pengaruh kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian di kafe Warunk14 kota Malang.

 

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Subjek penelitian diambil dari pengunjung di kafe Warunk14 kota Malang sebanyak 50 pengunjung dengan menggunakan teknik sampel insidental. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengambilan data menggunakan skala kepuasan konsumen dan skala keputusan pembelian. Uji validitas skala kepuasan konsumen diperoleh pernyataan 37 aitem valid dengan tingkat reliabilitas 0,928 pada Alpha Cronbach. Uji validitas keputusan pembelian menggunakan korelasi Pearson Product Moment diperoleh 26 aitem valid dengan tingkat reliabilitas 0,923 pada Alpha Cronbach. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pengunjung kafe Warunk14 kota Malang memiliki kepuasan pembelian yang sedang (74%) dan memiliki keputusan pembelian yang sedang (70%). Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, data membentuk garis linear, kedua data terbebas dari heteroskedastisitas sebagai syarat uji regresi. Uji hipotesis penelitian ini dengan mengunnakan uji regresi sederhana yang diperoleh nilai R sebesar 0,809; F sebesar 91,246; Pvalue sebesar 0,000; 𝑅 2 sebesar 0,655. Hal tersebut berarti ada hubungan kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian di kafe Warunk14 kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pemilik usaha untuk dapat meningkatkan kepuasan konsumen dengan cara meningkatkan pelayanan dan kualitas produk sehingga konsumen dapat menikmati setiap produk yang ditawarkan kafe dengan lebih baik lagi. Dengan meningkatnya kepuasan konsumen maka akan meningkat juga keputsan pembelian yang diikuti dengan meningkatkan omset penjualan dan usaha akan semakin berkembang.