Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Loyalitas Konsumen Produk Perawatan Kulit Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang

Prasetyo Ratih Dyah Ayu

Abstrak


RINGKASAN

Prasetyo, Ratih Dyah Ayu. 2019. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Loyalitas Konsumen Produk Perawatan Kulit Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang;

Pembimbing

(I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si

(II) Gamma Rahmita Ureka H., S.Psi., M.Psi

 

Kata Kunci: kontrol diri, loyalitas konsumen, produk perawatan kulit.

Manusia sebagai konsumen akan selalu membeli atau mengonsumsi dari produsen. Tetapi keputusan mereka untuk memilih produk apa dan bagaimana itu berkaitan dengan perasaan mereka terhadap suatu merek produk yang ditawarkan. Sejalan dengan itu, semakin banyak juga konsumen yang datang kepada produsen namun juga ada yang pergi. Dalam hal ini, konsumen yang memilih untuk tetap menggunakan produk maupun jasa dari produsen dapat disebut dengan produsen yang bertahan atau biasa disebut dengan konsumen yang loyal. Begitu pula pada pengguna produk perawatan kulit. Kepuasan konsumen sangat penting untuk meraih segmen pasar. Banyaknya merek produk yang ditawarkan membuat masyarakat dihadapkan dengan berbagai jenis produk sesuai dengan yang dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat. Seorang pembeli akan loyal terhadap produk perawatan kulit yang akan dibeli, jika produk tersebut dirasa cukup berkualitas bagi dirinya. Loyalitas terbentuk dari beberapa hal, seseorang akan loyal terhadap suatu produk jika seseorang itu menyukai produk tersebut dan akan kembali membeli ulang, yang mana hal ini juga tetap terkontrol dari kontrol diri seseorang itu.

Tujuan penelitian ini adalah

(1) untuk mengetahui deskripsi kontrol diri Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang,

(2) untuk mengetahui deskripsi loyalitas konsumen Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang,

(3) untuk mengetahui hubungan kontrol diri dengan loyalitas konsumen produk perawatan kulit mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan korelasional dengan sampel penelitian mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang yang berjumlah 110 menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengambilan data yaitu dengan Skala Kontrol Diri dan Skala Loyalitas Konsumen. Uji validitas skala kontrol diri diperoleh pernyataan 26 aitem valid dengan tingkat reliabilitas 0,855 pada Alpha Cronbach. Validitas skala loyalitas konsumen menggunakan korelasi Pearson Product Moment diperoleh 26 aitem valid dengan tingkat reliabilitas 0,844 pada Alpha Cronbach.

Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment

(1) sebagian besar memiliki kontrol diri rendah;

(2) sebagian besar memiliki loyalitas konsumen rendah;

(3) ada hubungan positif antara kontrol diri dan loyalitas konsumen dengan rxy 0,696 (sig.