Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Outbound Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas VI SD Taman Siswa Turen

Luthfiah Rosyada Dzulfahmi

Abstrak


RINGKASAN

Luthfiah, Rosyada Dzulfahmi. 2018. Efektifitas Outbound Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal pada Siswa Kelas VI SD Taman Siswa Turen.Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(1) Dra. Sri Weni Utami, M.Si,

(2) Ike Dwiastuti, S.Psi., M.Psi,

 

Kata kunci: Outbound, Kecerdasan Interpersonal, Siswa kelas VI SD

Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan seseorang dalam memahami dan menempatkan dirinya secara tepat pada situasi sosial. Selain itu kecerdasan interpersonal juga mencakup dalam kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah dan dapat berkomunikasi dengan baik. Dengan kecerdasan interpersonal yang baik, akan meminimalisir terjadinya konflik interpersonal yang akan terjadi. Sehingga dengan kurangnya kemampuan ini, maka akan  tercipta hubungan sosial yang tidak harmonis. Outbound merupakan metode experiental learning yang dipercaya dapat meningkatkan kemampuan seseorang. Hal ini dikarenakan pada metode outbound peserta langsung terlibat secara kognitif, afektif dan psikomotor.

Penelitian ini bertujuan untuk

(1) Untuk mengetahui gambaran kecerdasan interpersonal pada siswa kelas VI SD Taman Siswa Turen

(2) Untuk mengetahui rancangan outbound yang sesuai dengan pengembangan kecerdasan interpersonal siswa kelas VI SD Taman Siswa Turen

(3) Untuk mengetahui efektifitas Outbound untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas VI SD Taman Siswa Turen.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VI SD Taman Siswa Turen dengan teknik purposive sampling maka sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Taman Siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal yang rendah sekali. Sehingga didapatkan sample pada penelitian ini sejumlah 12 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala kecerdasan interpersonal sejumlah 57 item. Selain itu juga digunakan panduan Outbound untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VI SD untuk pelatih dalam menerapkan outbound.

Hasil penelitian dengan menggunakan teknik analisis uji paired sample t-test didapatkan Sig. (2-tailed) 0,000 dan koefisien nilai t sebesar 10,327. Sehingga outbound efektif untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VI SD Taman Siswa Turen. Selain itu berdasarkan analisis effect size cohen’s didapatkan skor sebesar d 2,649. Hal ini berarti outbound memiliki efek yang kuat dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VI SD Taman Siswa Turen.

 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah outbound efektif untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VI SD Taman Siswa Turen. Saran bagi peneliti selanjutnya, hendaknya menggunakan permainan yang lebih bervariasi dan lebih menyenangkan bagi peserta. Bagi pelatih, hendaknya memahami dengan baik pedoman penggunaan outbound dan memberikan briefing kepada peserta dengan jelas.