Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kebermaknaan Hidup Transjender di Kabupaten Jombang

Rachmawati Rani,

Abstrak


RINGKASAN

Rachmawati, Rani, 2018. Kebermaknaan Hidup Transjender di Kabupaten Jombang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing

(1) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed.,

(2) Pravissi Shanti, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci : kebermaknaan hidup, transjender, Kabupaten Jombang

Makna hidup merupakan sesuatu yang dianggap penting, benar dan didambakan serta memberikan nilai khusus bagi seseorang. Selain itu kebermaknaan hidup adalah sebuah motivasi yang kuat dan mendorong seseorang untuk melakukan suatu kegiatan yang berguna. Kebermaknaan hidup merupakan sesuatu yang bersifat personal dan unik. Untuk menemukan kebermaknaan hidup, individu bebas menggunakan cara sendiri namun faktor lingkungan juga dibutuhkan untuk membantu proses penemuan makna. Apabila makna hidup berhasil ditemukan, maka akan menimbulkan perasaan bahagia.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kebermaknaan hidup transjender ditengah masyarakat yang menolak kehadiran mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan model penelitian fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, informan dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik dan validasi hasil menggunakan triangulasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Jombang dengan jumlah 3 partisipan transjender.

 

Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa kebermaknaan hidup transjender di Kabupaten Jombang tergolong baik. Kebermaknaan  hidup yang baik tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya tujuan hidup yang jelas, mampu bertanggung jawab dengan semua pilihan hidupnya, dan menikmati kehidupannya sebagai seorang transjender. Transjender di Kabupaten Jombang juga berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan selalu berbuat baik dengan masyarakat sekitar agar dapat diterima. Saat ini transjender di Kabupaten Jombang merasakan kebahagiaan dalam hidupnya karena semua keinginannya telah terpenuhi. Orang tua, keluarga dan masyarakat juga sudah dapat menerima kehadirannya sebagai seorang transjender di tengah kehidupan mereka.