Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS TERAPI APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK AUTISTIK

Sri Widya Agustina

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina, Sri Widya. 2017. Efektivitas Terapi Applied Behavior Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Autistik. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si. (II) Aji Bagus Priyambodo S.Psi., M.Psi

 

Kata Kunci : Anak Autistik, Kemampuan Bahasa Ekspresif, Terapi Applied Behavior Analysis.

 

Anak merupakan bagian dari generasi muda sebagai salah satu sumber daya manusia yang merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa. Namun sering kali anak dapat mengalami gangguan dalam proses perkembangannya salah satunya. Autistik adalah sebuah gangguan perkembangan sistem syaraf pusat yang ditemukan pada sejumlah anak ketika masa kanak-kanak hingga masa-masa sesudahnya yang membuat anak-anak tidak mampu menjalin hubungan sosial secara normal bahkan tidak mampu untuk menjalin komunikasi dua arah baik bahasa reseptif maupun ekspresif. Yang lebih terlihat yakni bahasa ekspresif anak autistik, hal ini terlihat ketika anak menginginkan sesuatu mereka langsung menarik tangan orang disekitarnya untuk menunjukkan sesuatu yang diinginkan.

Terapi yang digunakan yaitu Applied Behavior Analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi Applied Behavior Analysis dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak autistik.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen one-grup pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengumpulan data dan instrumen perlakuan yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman observasi kemampuan bahasa ekspresif dan instrumen perlakuan berupa panduan terapi Applied Behavior Analysis. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 7-9 tahun yang sedang melakukan terapi, dengan jumlah 3 subjek yang memiliki tingkat kemampuan bahasa ekspresif rendah.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis statistik paired-sample t-test. Hasil analisis perhitungan uji hipotesis diketahui nilai signifikansi sebesar 0.001. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terapi Applied Bevaior Analysis efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak autistik.

Bagi terapis A Plus sebaiknya pemberian terapi Applied Behavior Analysis dilaksanakan setiap hari, sehingga tidak dicampur adukkan dengan terapi yang lain. Bagi orang tua sebaiknya menerapkan terapi Applied Behavior Analysis di rumah dan memberikan imbalan yang konsisten antara di tempat terapi dan di rumah.