Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Joyful Learning Untuk Meningkatkan Long Term Memory Bahasa Inggris Pada Siswa Dengan Pola Asuh Otoriter

GABRIELA NATALIA PRISCILLA PATTIRADJAWANE

Abstrak


ABSTRAK

 

Pattiradjawane, Gabriela Natalia Prisisilla. 2017. Pengaruh Joyful Learning untuk Meningkatkan Long Term Memory Bahasa Inggris Pada Siswa Dengan Pola Asuh Otoriter. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si. (II) Aji Bagus Priyambodo, M.Psi.

 

Kata Kuncijoyful learning, long term memory bahasa inggris

 

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diwajibkan untuk menjadi mata pelajaran utama dalam dunia pendidikan. Bahasa Inggris dianggap merupakan bahasa universal, yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan semua orang di dunia. Akan tetapi Bahasa Inggris bukanlah pelajaran yang mudah untuk dipelajari dan  dipahami oleh beberapa siswa Di SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo.

Beberapa faktor menjadi alasan kesulitan belajar Bahasa Inggris, salah satunya adalah metode belajar yang membosankan. Hal ini menjadi fokus perhatian peneliti. Karena metode belajar yang membosankan, membuat long term memory Bahasa Inggris yang mereka miliki rendah. long term memory merupakan kemampuan untuk menyimpan informasi yang ada dalam jangka waktu yang lama. Yang menjadi penyebab rendahnya long term memory bahasa inggris adalah beberapa diantara mereka dididik dengan pola asuh otoriter. Mereka terbiasa disiplin di rumah, akan tetapi di sekolah justru kebalikannya.

Penelitian ini menerapkan metode pembelajaran joyful learning dengan mengunakan media audio visual berupa video  untuk meningkatkan long term memory bahasa inggris pada siswa dengan pola asuh otoriter. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain one groups pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas VIII SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo.  Instrumen yang digunakan adalah  tes long term memory bahasa inggris dengan jumlah soal 27 dengan indeks  reliabilitas sebesar 0.725. Perlakuan (treatment) pada penelitian ini adalah joyful learning.

Uji hipotesis menggunakan teknik analisis statistik nonparametrik Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS 24 for Windows. Berdasarkan tabel Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh Koefisien nilai z sebesar -2,825 dengan p (0.005) < α 0.05 yang artinya hipotesis diterima. Kesimpulannya ada Pengaruh joyful learning untuk meningkatkan long term memory pada siswa dengan pola asuh otoriter.