Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Kepedulian terhadap Orang Lain Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Remaja SMA Islam Swasta Kabupaten Malang yang Memiliki Masalah Perilaku

Astri Ayu Larasati

Abstrak


ABSTRAK

 

Larasati, Astri Ayu. 2017. Perbedaan Kepedulian terhadap Orang Lain Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Remaja SMA Islam Swasta Kabupaten Malang yang Memiliki Masalah Perilaku. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si, (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: kepedulian terhadap orang lain, jenis kelamin.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepedulian terhadap orang lain yang rendah pada remaja yang memiliki masalah perilaku di lingkungan pedesaan. Penelitian sebelumnya sudah pernah menunjukkan perbandingan kepedulian terhadap orang lain pada anak usia 4 – 7 tahun yang memiliki masalah perilaku. Sementara itu, penelitian serupa belum pernah dilakukan pada remaja. Bertujuan untuk memperoleh (1) deskripsi kepedulian terhadap orang lain remaja SMA Islam Swasta perempuan yang memiliki masalah perilaku di Kabupaten Malang, (2) deskripsi kepedulian terhadap orang lain remaja SMA Islam Swasta laki-laki yang memiliki masalah perilaku di Kabupaten Malang, dan (3) deskripsi perbedaan kepedulian terhadap orang lain remaja SMA Islam Swasta berdasarkan jenis kelamin yang memiliki masalah perilaku (usia 11 sampai 20 tahun).

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan uji perbedaan. Populasi dalam penelitian ini adalah 92 siswi dan 156 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masing-masing 60 siswa dan siswi SMA Islam Swasta di Kabupaten Malang dengan teknik random sederhana. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala Likert. Uji hipotesis menggunakan analisis independent sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar remaja SMA Islam Swasta perempuan yang memiliki masalah perilaku di Kabupaten Malang memiliki kepedulian terhadap orang lain sedang, (2) kepedulian terhadap orang lain remaja SMA Islam Swasta laki-laki di Kabupaten Malang yang memiliki masalah perilaku termasuk dalam taraf sedang, (3) terdapat perbedaan kepedulian terhadap orang lain pada remaja SMA Islam Swasta berdasarkan jenis kelamin. Tingkat kepedulian terhadap orang lain perempuan lebih tinggi daripada laki-laki.

Saran untuk penelitian ini adalah pertama, subjek diminta untuk meningkatkan kepedulian terhadap orang lain dengan cara lebih peka terhadap orang lain dan peduli tanpa harus selalu mengikuti mood. Kedua, peneliti selanjutnya diharapkan bisa mengembangkan metode dan subjek penelitian. Ketiga, sekolah lebih membantu pengembangan kepedulian terhadap orang lain remaja yang memiliki masalah perilaku dengan memasukkannya ke matapelajaran, membuat outbond, dan mengadakan character building. Keempat, psikologi sosial dapat memasangkan kepedulian terhadap orang lain dengan life goals dan civic orientation.