Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Sikap Pegawai terhadap Perilaku Kerja Kontraproduktif dengan Kinerja Pegawai di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (PPPPTK BOE) Malang

Muhammad Soekarno

Abstrak


 Soekarno, Muhammad. 2017. Hubungan Sikap Pegawai terhadap Perilaku Kerja Kontraproduktif dengan Kinerja Pegawai di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (PPPPTK BOE) Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si (II) Gamma Rahmita U H, S.Psi., M.Psi.

Kata Kunci: sikap pegawai terhadap perilaku kerja kontraproduktif, kinerja pegawai, PPPPTK BOE Malang.    

    Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui gambaran sikap pegawai terhadap perilaku kerja kontraproduktif di PPPPTK BOE Malang, (2) mengetahui gambaran kinerja di PPPPTK BOE Malang, (3) mengetahui hubungan sikap pegawai terhadap perilaku kerja kontraproduktif dengan kinerja pegawai di PPPPTK BOE Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelasi. Populasi sebanyak 185 pegawai dengan jumlah sampel 60 pegawai. Menggunakan instrumen penelitian Skala Sikap Pegawai terhadap Perilaku Kerja Kontraproduktif sebanyak 45 aitem dengan reliabilitas 0,937 dan Skala Kinerja Pegawai sebanyak 46 aitem dengan reliabilitas 0,958.

        Hasil penelitian menunjukkan a) Terdapat 50% pegawai yang memiliki sikap terhadap perilaku kerja kontraproduktif tinggi, 50% pegawai yang memiliki sikap terhadap perilaku kerja kontraproduktif rendah, b) Terdapat 48,34% pegawai yang memiliki kinerja tinggi, 51,67% pegawai yang memiliki kinerja rendah, c) ada hubungan negatif antara sikap pegawai terhadap perilaku kerja kontraproduktif dengan kinerja pegawai dengan angka korelasi -0,839 dan p < 0,05.

        Bagi pegawai yang memiliki sikap tinggi terhadap perilaku kerja kontraproduktif diharapkan untuk melakukan intropeksi diri dan selektif dalam menerima hasil evaluasi yang telah dilakukan dengan tidak mudah terpengaruh perilaku menyimpang seperti pengaruh dari orang lain, lingkungan kerja maupun media. Menaati peraturan yang berlaku dalam instansi sehingga dapat menambah tingkat kinerja serta tidak merugikan pihak instansi PPPPTK BOE Malang maupun antar pegawai. Instansi PPPPTK BOE Malang diharapkan membuat forum diskusi/kajian tentang bahaya dari dampak perilaku kerja kontraproduktif. Selain itu, meningkatkan kedisplinan serta memberikan punishment bagi pegawai yang melanggar peraturan instansi sehingga memberikan efek jera.