Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru Tahun 2016 Dari Daerah Indonesia Bagian Timur

Annida Dahrul

Abstrak


ABSTRAK

 

Dahrul, Annida. 2017. Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru Tahun 2016 Dari Daerah Indonesia Bagian Timur. Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Nur Eva, S.Psi, M.Psi, (2) Ike Dwiastuti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: Penyesuaian sosial, mahasiswa baru, lingkungan baru

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aspek-aspek, faktor-faktor, ciri-ciri dan dampak penyesuaian sosial yang terjadi pada mahasiswa baru dari daerah Indonesia bagian timur. Penyesuaian sosial tersebut dilihat dari bagaimana cara penyesuaian sosial dilakukan dan faktor yang mempengaruhinya.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan modelpendekatan fenomenologi. Subjek pada penelitian ini adalah tiga mahasiswa baruangkatan 2016 yang berada pada tahapan perkembangan remaja yang sedang menempuh perkuliahan di Universitas Negeri Malang. Alat pengumpul data berupa wawancara mendalam (in depth interview) terkait bagaimana cara penyesuaian sosial dan faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengambilan sampel dengan (sampling purposive). Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik (Themes Analysis)yaitu : pemrosesan data, mengkategorikan data, dan penafsiran data. Pengecekan keabsahan data menggunakan interpretif yakni keabsahan deskripsi secara akurat makna subjektif terdalam (inner subjective meaning) yang dikemukakan oleh partisipan tentang objek fenomena penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian sosial mahasiswa baru dari Indonesia bagian Timur dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari lingkungan lama subjek maupun metode yang diterapkan subjek saat berada di lingkungan baru. Ketiga subjek mengaku masih mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru baik dari segi bahasa, budaya, kebiasaan dan karakter yang berbeda. Oleh karena itu ketiga subjek masih berada dalam tahapan pembelajaran agar dapat menyesuaikan diri secara lebih baik di lingkungan baru.

Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada mahasiswa baru dari Indonesia bagian timur, dengan adanya penelitian ini hendaknya lebih mengerti faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi, aspek apa yang paling berpengaruh dan metode apa yang paling sesuai untuk dapat diterapkan dalam proses penyesuaian diri di lingkungan baru. Sedangkan untuk peneliti lain,hendaknya dikembangkan model penelitian dengan tema yang sama dalam ruang lingkup yang lebih luas agar dapat mengeksplorasi penyesuaian sosial mahasiswa dari Indonesia bagian lainnya dengan lebih presisi