Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Permainan Edukatif Teka-teki Silang Untuk Meningkatkan Retensi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA

Hubertus Dicky Bayu Kisworo

Abstrak


ABSTRAK

 

Kisworo, Hubertus Dicky Bayu. 2017. Pengaruh Media Permainan Edukatif Teka-teki Silang Untuk Meningkatkan Retensi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudjiono, M.Si, (II) Aji Bagus Priyambodo, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: Permainan Edukatif Teka-teki Silang, Retensi, Pembelajaran Bahasa Indonesa

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media permainan edukatif teka-teki silang untuk meningkatkan retensi pembelajaran bahasa Indonesia siswa SMA. Penelitian dilakukan di SMAK Diponegoro Blitar. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas X.Keseluruhan jumlah siswa kelas X SMAK Diponegoro sebanyak 143 orang yang kemudian diambil sampel dengan metode cluster sampling dan diperoleh bahwa sampel penelitian sejumlah 61 orang.

Instrumen yang digunakan adalah tes retensibahasa Indonesia dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,877. Retensi siswa diukur berdasarkan nilai posttest masing-masing kelompok. Selisih nilai kedua kelompok menjadi acuan keberhasilan dalam penelitian ini.

Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil analisis deskriptif pada kelompok eksperimen dari 34 siswa, menunjukkan bahwa 7 siswa (20%) pada kategori tinggi, 23 siswa (68%) pada kategori sedang, dan 4 siswa (12%) pada kategori rendah. Sedangkan,pada kelompok kontrol dari 27 siswa menunjukkan bahwa 6 siswa (22%) pada kategori tinggi, 17 siswa (63%) pada kategori sedang, dan 4 siswa (15%) pada kategori rendah. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis komparatif independent sample t-testdiperoleh skor t sebesar 8,085 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga kesimpulan hipotesis yaitu; (1) retensi siswa rata-rata berada pada kategori sedang; (2) media permaian edukatif teka-teki silang dapat digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia; (3) permainan edukatif teka-teki silang berpengaruh untuk meningkatkan retensi pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengembangan pada media teka-teki silang dan tes retensi pembelajaran bahasa Indonesia.