Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA EMPLOYEE ENGAGEMENT DENGAN KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN COMMUNITY AMBASSADOR SAMPOERNA MILD 16 DI PT. SUNRISE KEMILAU INDONESIA

Fariz El Sidiq

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) Gambaran employee engagement karyawan community ambassador (2) Gambaran komitmen organisasi karyawan community ambassador (3) Hubungan employee engagement dan komitmen organisasi karyawan community ambassador PT. Sunrise Kemilau Indonesia.

Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional kuantitatif dengan menggunakan teknik total populasi. Responden dalam penelitian ini adalah 40 orang karyawan community ambassador PT. Sunrise Kemilau Indonesia. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala employee engagement dan skala komitmen organisasi dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,429 dan 0,954.

Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa karyawan community ambassador PT. Sunrise Kemilau Indonesia memiliki employee engagement yang sedang (57,5%) dan memiliki komitmen organisasi yang sedang pula (60%). Peneliti melakukan uji asumsi yaitu melakukan uji normalitas dengan formula Kolmogorov-Smirnov dan melakukan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh menyatakan bahwa pada skala employee engagement memiliki sig = 0,200 dan skala komitmen organisasi memiliki sig yang sama pula = 0,200 sehingga kedua data variabel tersebut dikatakan berdistribusi normal serta kedua variabel tersebut dikatakan linier dengan nilai sig = 0,436. Setelah uji asumsi sudah terpenuhi maka peneliti melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji korelasi Product Moment dan diperoleh Rxy = 0,875, dengan sign = 0,000. Hal tersebut berarti ada hubungan positif yang cukup kuat antara employee engagement dan komitmen organisasi karyawan community ambassador PT. Sunrise Kemilau Indonesia.

Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan kepada karyawan diharapkan karyawan agar dapat meningkatkan employee engagement pada perusahaan, dengan cara mempercayai atasannya, mempercayai teman sekitarnya dan mempunyai komunikasi yang baik terhadap seluruh elemen di dalam perusahaan. Saran yang diberikan kepada perusahaan untuk dapat memperhatikan employee engagement karyawan sehingga akan menimbulkan komitmen organisasi yang tinggi terhadap perusahaan dengan cara memberikan pelatihan kepada jajaran manajemen. Saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya diharapkan mencari populasi dan sampel yang lebih banyak lagi karena penelitian ini memiliki populasi dan sampel yang sedikit, dan peneliti bisa menambah variabel lain yang mempengaruhi komitmen organisasi seperti pengalaman individu dalam organisasi, karakter pekerjaan dan karakter organisasi.

 

 

Kata Kunci: employee engagement, komitmen organisasi, karyawan community ambassador PT. Sunrise Kemilau Indonesia.