Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Persepsi tentang Standar Operasional Prosedur dengan Kinerja Karyawan PT. Multi Terminal Indonesia (IPC) Surabaya

Baits Yuni Soraya

Abstrak


ABSTRAK

 

Soraya, Baits Yuni. 2017. Hubungan Persepsi tentang Standar Operasional Prosedur dengan Kinerja Karyawan PT. Multi Terminal Indonesia (IPC) Surabaya. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Psikologi, FPPsi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Fattah Hidayat, S.Psi, S.E, M.Psi, (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: persepsi standar operasional prosedur, kinerja karyawan

 

Fenomena pasar bebas menyebabkan perusahaan harus berusaha untuk meningkatkan daya saing dengan perusahaan lain untuk menjaga eksistensinya. Optimalisasi tanggung jawab perusahaan dalam menghadapi tuntutan perkembangan zaman, mendorong perusahaan untuk mempertimbangkan secara matang kualitas sumber daya manusianya. SDM harus mengerti dengan baik aturan atau tata cara kerjanya seperti standar operasional prosedur kerja, Kesan positif ini dapat dapat mengoptimalisasikan kinerja karyawan sehingga tercapai tujuan perusahaan.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskripstif korelasional. Subjek penelitian ini adalah semua karyawan PT. Multi Terminal Indonesia(IPC) Surabaya yang berada pada bagian Operasional- Marketing dan FinanceSupporting. Data dikumpulkan dengan skala persepsi tentang standar operasional prosedur , dan skala kinerja dengan model penskalaan Likert. Kedua skala tersebut memiliki validitas setiap aitem bernilai sig < 0.05 dan memiliki reliabilitas masing-masing 0.771 dan 0.749. Data analisis menggunakan analisis korelasi Product Moment dan model Kolmogrov-Smirnov.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor tingkat persepsi karyawan terhadap standar operasional prosedur berada dalam kategori rendah sebanyak 52,5% dan tingkat kinerja berada dalam kategori rendah sebanyak 55,5%. Ada hubungan yang positif antara persepsi standar operasional prosedur dan kinerja (rxy = 0,435; p = 0,005 < 0,05), artinya karyawan yang memiliki persepsi standar operasional prosedur yang rendah diikuti dengan kinerja yang rendah pula karena ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan.

Dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa persepsi Standar Operasional Prosedur Karyawan rendah dan Kinerja karyawan rendah, diharapkan dapat menjadi perhatian perusahaan. Saran untuk perusahaan agar mengevaluasi dan memberikan pelatihan pada karyawan agar supaya lebih memahami Standar Operasional Prosedur. Untuk karyawan disarankan agar mengikuti pelatihan yang dibuat oleh perusahaan agar dapat memperbaiki dan menambah pemahaman terhadap Standar Operasional Prosedur yang ada di perusahaan PT. Multi Terminal Indonesia (IPC) Surabaya. Diharapkan bagi penelitian selanjutnya dapat melanjutkan penelitian seperti memperluas area penelitian sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Soraya, Baits Yuni. 2017. The Corelation Between Perception To the Standard Operational Procedure With Employee Performance in the PT. Multi Terminal Indonesia(IPC) Surabaya. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Psikologi, FPPsi , Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Fattah Hidayat, S.Psi, S.E, M.Psi, (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi, M.Psi.

 

Keyword: perception standard operational procedure, employee performance.

 

Phenomenon of AEC (ASEAN Economic Comunity) has urged companies to give more effort to improve their competetiveness to show their existence. Optimizing corporate responsibility to face the demand of globalization has pushed the corporate to consider their human resource quality. Human Resource or employee should understand well their rules and working procedure. Positive impression can optimize employee performance, so the company’s goals can be achieved.

This research uses correlation descriptive research design. The subject of this research is employees at PT. Multi Terminal Indonesia (IPC) Surabaya of Operational-Marketing division and Finance – Supporting Division. Data collection was conducted using perception of standard operational procedure scale and employee performance scale with Likert model. Both scales have the validity of each item with Sig < 0.05 and the reliability of each is 0,771 and 0,749. This research using corelational analysis Product Moment and Kolmogrov-Smirnov model.

From correlation analysis result, it shows that scores of employee perception on standard operational procedure are in the low category with 55%, while employee performance is also in the low category with 52,5%. It means the hypothesis used in this research is accepted and the correlation is at the moderate category with coefficient (rxy = 0,435; p = 0,005 < 0,05) which means employees have low standard operating procedure perceptions is followed by low performance as well because there are various factors that can affect employee performance.

By the result of the study which shows that the perception of Standar Operational Procedur is low while the Kinerja Karyawan is low too, it is expected to be the concern of the company. Advice for company to held a trainees to make employee know Standard Operational Procedure better. For employee to attend in company trainees to revise and enhance their understanding towards Standar Operasional Presedur in PT. Multi Terminal Indonesia (IPC) Surabaya. It is expected that future researchers can continue this study by expanding the subject of the study in order to gain better result.