Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tipe-Tipe Kepribadian Big Five terhadap Kepuasan Hidup Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang

Prima Pamenang

Abstrak


ABSTRAK

 

Pamenang, Prima. 2016. Pengaruh tipe-tipe kepribadian Big Five terhadap Kepuasan Hidup Pegawai Lembaga Pemasyarakatan klas I Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Tutut Chusniyah, M.si. (2) Ninik Setiyowati, M.Psi

 

Kata Kunci : Kepuasan Hidup (Life Satisfaction), Big Five, Lembaga Pemasyarakatan

Kepuasan hidup (Life Satisfaction) merupakan penilaian secara kognitif mengenai seberapa baik dan memuaskan hal – hal yang sudah di lakukan individu dalam kehidupannya secara menyeluruh dan atas bagian – bagian utama dalam hidup yang individu tersebut anggap penting seperti hubungan interpersonal, kesehatan, pekerjaan, spiritual dan aktivitas di waktu luang. Kepribadian Big Five adalah suatu pendekatan yang digunakan untuk menggambarkan kepribadian seseorang melalui lima trait atau tipe inti dalam kepribadian yaitu terdiri dari extraversion, agreebleness, conscientiouness, neurotiscm, dan openness.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan penelitian Korelasi pearson dan Regresi sederhana. Enam puluh Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang menjadi subjek dalam penelitian ini Aspek Kepribadian diukur menggunakan skala baku yaitu Big Five Inventory (BFI) (reliabilitas = 0,559) dan Kepuasan Hidup (Life Satisfaction) diukur menggunakan Skala dari Adaptasi yang di kembangkan melalui aspek – aspek Kepuasan Hidup Milik Neugarten ( reliabilitas = 0,429) dengan sebaran data yang berdistribusi normal.

Korelasi pearson dan Regresi, dimana hasil korelasi pearson menunjukan ada 1 sub-variabel Big Five yaitu extraversion tidak ada korelasi (p = 0,514) dan yang lainnya ada yaitu Agreebleness dengan (p = 0,000), Conscientiouness dengan (p = 0,004), Neurotiscm (p = 0,000), dan Openness dengan (p = 0,022). Dan hasil Regresi adalah Extraversion (1,303), Conscientiouness (0,301) kemudian Openness (0,123) dengan signifikansi > dari 0,05 maka Ho di terima dan H1 di tolak. Kemudian untuk Agreebleness (4,352) dan Neurotiscm (-3,823) dengan nilai signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Namun ada Pengaruh yang nyata antara variabel Big Five (X) dengan Kepuasan Hidup (Y) ( = 13,477, sign = 0,000).

Pegawai Lapas Klas 1 Malang diharapkan sering mengikuti kegiatan – kegiatan yang di adakan oleh instansinya serta juga kegiatan pengembangan bakat untuk mengisi waktu luang serta juga diharapkan lebih banyak berkomunikasi dengan sesama Pegawai agar tercipta kondisi yang nyaman antara semua Pegawai Lapas Klas 1 malang.Dan untuk Lembaga Diharapkan lebih sering mengadakan program – program kerja yang bersifat peningkatan mutu serta peningkatan kualitas pegawai seperti Team Building yang bertema kerja sama agar setiap lini di Lapas Klas 1 malang dapat bersinergi dalam melaksanakan tugas yang di dapatkan dari instansinya.