Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERIMAAN DIRI DAN DUKUNGAN SOSIALSEBAGAI PREDIKTOR KUALITAS HIDUP PADA IBU DARIANAK DOWN SYNDROME DI SUKABUMI

Risa Nurhayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhayati, Risa. 2017. Penerimaan Diri dan Dukungan Sosial sebagai Prediktor Kualitas Hidup pada Ibu dari Anak Down Syndromedi Sukabumi. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi., M.Si.

Kata kunci: penerimaan diri, dukungan sosial, kualitas hidup, ibu anak down syndrome

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kualitas hidup ibu dari anak down syndrome, (2) penerimaan diri ibu dari anak down syndrome, (3) dukungan sosial ibu dari anak down syndrome, (4) penerimaan diri sebagai prediktor kualitas hidup pada ibu dari anak down syndrome, (5) dukungan sosial sebagai prediktor kualitas hidup pada ibu dari anak down syndrome, (6) penerimaan diri dan dukungan sosial sebagai prediktor kualitas hidup pada ibu dari anak down syndrome.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan prediktif. Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu yang memiliki anak down syndrome di Sukabumi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 94 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa skala kualitas hidup milik WHO, skala penerimaan diri milik Berger’s, serta skala dukungan sosial milik Cutrona dan Russell. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan pengkategorian berdasarkan skor T. Dan untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linear ganda.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar ibu dari anak down syndrome (1) memiliki kualitas hidup yang tinggi (2) memiliki penerimaan diri yang tinggi (3) memiliki dukungan sosial yang tinggi (4) penerimaan diri sebagai prediktor kualitas hidup pada ibu dari anak down syndrome dengan nilai signifikansip = 0,004 < 0,05 dan nilai R2 = 0,128(5) dukungan sosial sebagai prediktor kualitas hidup pada ibu dari anak down syndrome dengan nilai signifikansip = 0,000 < 0,05 dan nilai R2 = 0,244 (6) penerimaan diri dan dukungan sosial sebagai prediktor kualitas hidup pada ibu dari anak down syndrome dengan nilai signifikansip = 0,000 < 0,05 dan nilai R2 = 0,256.

            Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah (1) bagi masyarakat: diharapkan masyarakat memberikan dukungan sosial yang baik pada ibu yang memiliki anak down syndrome (2) bagi ibu dari anak down syndrome: diharapkan mengikuti paguyuban agar memiliki penerimaan diri yang lebih baik (3) bagi peneliti selanjutnya: agar mempertimbangkan keberagaman subjek dan menggunakan analisis faktor.