Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DAN KEDISIPLINAN KARYAWAN DALAM PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DI CV. GAVRA PERKASA GRESIK

Yeni Ayu Faridah

Abstrak


ABSTRAK

 

Faridah, Yeni Ayu. 2017. Hubungan Antara Locus Of Control dan Kedisiplinan Karyawan Dalam Penggunaan Alat pelindung Diri Di CV. Gavra Perkasa Gresik. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi. (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci : locus of control, kedisiplinan penggunaan alat pelindung diri (APD).

 

Karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan perlu mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh. Hal ini dikarenakan tingkat kecelakaan kerja di Indonesia masih tinggi. Hal ini juga dialami CV. Gavra Perkasa. Pada periode 01 Januari-30 September 2016, terdapat 23 orang yang mengalami kecelakaan kerja. Masih terjadinya kecelakaan kerja yang dialami oleh karyawan CV. Gavra Perkasa disebabkan karena kurangnya kedisiplinan karyawan dalam penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Sedangkan locus of control adalah keyakinan seseorang terhadap segala sesuatu yang terjadi pada dirinya ditentukan oleh kendali internal maupun eksternal.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran locus of control karyawan, (2) untuk megetahui gambaran kedisiplinan karyawan dalam penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), (3) Untuk mengetahui hubungan antara locus of control dan kedisiplian karyawan dalam penggunaan Alat Pelindung Diri (APD)

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional dengan jenis data bipolar karena menunjukkan sesuatu yang berlawanan, sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 karyawan yang termasuk dalam klasifikasi locus of control internal maupun eksternal dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala locus of control dan skala kedisiplinan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Uji coba penelitian dilakukan pada 14 Maret 2017 di PT. Kayu Tropical Lancar Jaya Gresik, dengan jumlah 33 orang. Dari uji validitas skala locus of control terdapat 34 aitem valid dari 60 aitem, dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,889 pada Alpha Cronbach. Pada skala kedisiplinan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) terdapat 24 aitem valid dari 48 aitem, dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,893.

Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan r=0,653. Berkorelasi jika nilai p