Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Prokrastinasi Akademik dalam Menghafal Al-Qur’an pada Santri di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur’an Jombang.

Mayatu Solikah

Abstrak


ABSTRAK

 

Solikah, Mayatu. 2017. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Prokrastinasi Akademik dalam Menghafal Al-Qur’an pada Santri di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur’an Jombang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)  Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si., (II) Aji Bagus Priyambodo, M.Psi.

 

Kata kunci : motivasi berprestasi, prokrastinasi akademik, menghafal Al-Qur’an, santri.

 

Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu misi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur’an Jombang. Santri diwajibkan menghafal Al-Qur’an minimal 10 juz dalam kurun waktu 3 tahun. Selain di madrasah, setiap santri juga mengikuti kegiatan di unit tahfidz lingkungan pesantren Madrasatul Qur’an. Setiap hari santri diwajibkan untuk menghafal hingga 3 halaman, namun kebanyakan dari mereka melakukan penundaan dalam menghafal Al-Qur’an atau yang sering disebut dengan prokrastinasi akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah faktor internal yakni kondisi fisik dan kondisi psikologis individu. Faktor kondisi psikologi salah satunya motivasi berprestasi yakni dorongan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengatasi hambatan dalam mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik dalam menghafal Al-Qur’an pada santri di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur’an Jombang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriprif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian skala prokrastinasi dan skala motivasi berprestasi pada subjek. Dalam penelitian ini subjek yang dilibatkan sebanyak 63 santri. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan korelasi product moment dari Pearson.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar santri MTs Madrasatul Qur’an memiliki : 1) motivasi berprestasi yang tergolong sedang, 2) prokrastinasi akademik santri tergolong sedang dan 3) ada hubungan yang negatif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik dalam menghafal Al-Qur’an pada santri di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur’an Jombang dengan memperoleh koefisien korelasi sebesar –0,832 dan signifikansi (sig) p= 0,000