Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Media Animasi Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Permulaan Pada Anak yang Mengalami Keterlambatan Belajar Membaca

Muhammad Bayu Erdiansyah

Abstrak


Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar dan sangat penting untuk digunakan dalam mengakses pendidikan serta mendapatkan ilmu pengetahuan, namun dalam kenyataannya tidak semua anak memiliki kemampuan tersebut dikarenakan faktor dukungan dari orang tua yang menyebabkan mereka mengalami keterlambatan belajar membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak yang mengalami keterlambatan belajar membaca menggunakan media animasi interaktif.

Media animasi interaktif dalam penelitian ini berbentuk media flash yang berisikan materi tentang pengenalan alfabet, latihan tiru bunyi, pengidentifikasian suku kata, membagi kata sesuai suku katanya, dan latihan kalimat sederhana yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak yang mengalami keterlambatan belajar membaca.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test, sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan membaca permulaan. Subjek dalam penelitian ini adalah  sebanyak 5 orang dengan kriteria : dibina oleh sanggar sahabat anak, memiliki kemampuan membaca yang rendah dan merupakan siswa kelas 1 SDN Pisang Candi 1, SDN Pisang Candi 2 dan SDN Mulyorejo 3.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan formula Paire Sample T Test. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa skor minimal saat pre-test sebesar 1 dan skor maksimal 5, sedangkan pada saar post – test skor minimal yang diperoleh meningkat menjadi 5 dan skor maksimal meningkat menjadi 8. Selain itu, hasil perhitungan uji hipotesis diketahui bahwa tingkat signifikansi sebesar 0,003.

Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan media animasi interaktif berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak yang mengalami keterlambatan membaca. Peningkatan kemampuan membaca ini disebabkan media animasi interaktif yang memiliki tampilan menarik dan pendampingan satu anak oleh satu mentor sehingga meningkatkan motivasi anak untuk belajar sekaligus meningkatkan minat membaca anak. Dengan meningkatnya minat baca serta motivasi belajar siswa menyebabkan penyerapan informasi lebih mudah dan anak menjadi lebih paham dengan materi yang diajarkan.

Reading skill is a fundamental and very important aspect used to gain an access to education and knowledge acquisition. However, the reality is, not every child have this skill due to the support from their parents. This study aims to improve 

reading skills of children with slow reading ability through interactive animation media.The interactive animation media to improve the reading skills here is in the form of flash media, containing several materials such as an introduction to alphabets, an exercise related to sound imitation, syllables identification, division to appropriate word syllable, and an exercise related to simple sentences, in which all of them, are considered as basic reading stage to improve their ability to read.

 

This study uses one group pre-test post-test experimental design. The data are collected using reading ability test. This research also involves 5 students with the following characteristics: trained in Sanggar Sahabat Anak, not having good reading skills, and he/she is a student in 1st grade at SDN Pisang Candi 1, SDN Pisang Candi 2 and SDN Mulyorejo 3.The data are analyzed using descriptive analysis technique, including a hypothesis testing using Paired Sample T Test formula. The result shows that the minimum score for pre-test is 1, while the maximum score is 5. In addition, the minimum score for post-test increased to 5 and the maximum score reached up to 8. Meanwhile, the result of calculation for hypothesis testing shows a significance level in the amount of 0.003. 

 

This indicates that the research hypothesis is accepted. Therefore, it can be inferred that this interactive animation media could enhance the basic reading ability of children with slow reading ability. All in all, the improvement of reading ability, in this case, is due to the appealing outlook of the media, which is also followed by monitoring activity from a mentor, thereby could improve the children's motivation to learn and raise their interest in reading. With their great interest and motivation, eventually, this could lead them to absorb the information more easily and attempt to get used to the provided materials.