Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Deskripsi Kohesivitas Kelompok Pada Karyawan Hotel Maya Ubud Resort and Spa Yang Menerapkan Tri Hita Karana

Ni Putu Mega

Abstrak


Rahayu, Ni Putu Mega Rizki. 2017. Deskripsi Kohesivitas Kelompok pada Karyawan Hotel Maya Ubud Resort and Spayang Menerapkan Tri Hita Karana. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi., (II) Ninik Setiyowati, S.Psi.,M.Psi.

Kata Kunci: kohesivitas kelompok, tri hita karana , Hotel Maya Ubud Resort and Spa

Tri Hita Karana (THK) diterapkan di berbagai intansi di Bali. Salah satu organisasi dalam bentuk perusahaan di Bali yang diwajibkan menerapkan THK adalah hotel, hal ini sesuai dengan surat edaran gubernur Bali tahun 2011. Hotel Maya Ubud Resort and Spa merupakan salah satu hotel di Bali yang menerapkan THK dalam setiap kegiatan yang ada. Hal ini terbukti dengan diperolehnya penghargaan tertinggi THKAwards. THK menjunjung tinggi kebersamaan yang harmonis dalam mencapai tujuan bersama yang konsisten dan berkelanjutan. Hal ini senada dengan salah satu aspek psikologis yaitu kohesivitas kelompok, dimana dapat didefinisikan sebagai keinginan seseorang untuk memiliki kelekatan dalam kebersamaan atau kumpulan ketertarikan antar anggota kelompok.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kohesivitas kelompok pada karyawan Hotel Maya Ubud Resort and Spayang menerapkan THK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan metode analisis data model interaktif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumen yang telah divalidasi menggunakan metode validasi triangulasi data kepada empat subjek manajer hotel dengan masing-masing sebagai koordinator bidang THK.

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah terimplementasinya THK dapat menghasilkan kohesivitas kelompok yang memiliki kearifan lokal khususnya budaya di Bali. Tiap-tiap dimensi kohesivitas kelompok yaitu, kekuatan sosial, kesatuan dalam kelompok, daya tarik dan kerjasama kelompok saling berkaitan satu sama lain yang tergambar pada diri karyawan Hotel Maya Ubud utamanya pada bidangpawongan yang diperkuat dengan adanya aspek religiusitas bidang parhyangan dan palemahan.