Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN STRES AKADEMIK DAN EFIKASI DIRI DENGAN PROKASTINASI AKADEMIK MAHASISWA ANGKATAN 2009-2012 FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA

OKIK DARMAWAN

Abstrak


Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda mengerjakan tugas akademik yang dilakukan berulang secara sadar sehingga menimbulkan keadaan emosional yang tidak menyenangkan dan tidak tercapainya tujuan. Salah satu faktor prokrastinasi akademik ialah stres akademik dan efikasi diri. Definisi stress akademik ialah respon individu terhadap kejadian menekan di lingkungan akademik yang melebihi kapasitas individu dalam mengatasinya sehingga timbul gangguan. Sementara definisi efikasi diri ialah keyakinan diri akan kemampuan yang dimiliki dalam situasi tertentu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelatif. Sampel yang digunakan ialah 85 orang mahasiswa FISIP UB angkatan 2009-2012 dengan menggunakan teknik incidentalsampling. Hasil penelian ialah (1) prokrastinasi akademik mahasiswa FISIP 2009-2012 berada pada golongan sedang, (2) stres akademik mahasiswa FISIP 2009-2012 berada pada golongan sedang, (3) efikasi diri mahasiswa FISIP 2009-2012 berada pada golongan sedang, (4) terdapat hubungan positif antara stres akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa FISIP 2009-2012. (5) terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa FISIP 2009-2012. (6) terdapat hubungan antara stres akademik dan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa FISIP 2009-2012.