Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Psychological Well Being pada Penderita Skizofrenia Pasca Rawat Inap

Annisa Fira Faradhila

Abstrak


ABSTRAK

 

Faradhila, Annisa Fira. 2016. Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Psychological Well Being pada Penderita Skizofrenia Pasca Rawat Inap. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang; Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si, (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi., M.Si.

 

Kata kunci: dukungan keluarga, psychological well being, penderita skizofrenia pasca rawat inap.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesejahteraan psikologis yang dimiliki oleh skizofrenia pasca rawat inap yang dapat mengakibatkan penderita kambuh lagi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Friedman pada dukungan keluarga, dan teori Ryff pada psychological well being. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui gambaran dukungan keluarga penderita skizofrenia pasca rawat inap (2) Mengetahui gambaran psychological well being penderita skizofrenia pasca rawat inap (3) Hubungan antara dukungan keluarga dengan psychological well being penderita skizofrenia pasca rawat inap.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 38 orang dan sampel yang diambil dalam penelitian ini seluruh populasi yaitu 38 orang dengan teknik total sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dukungan keluarga, dan angket psychological well being yang dikembangkan oleh peneliti. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita skizofrenia pasca rawat inap (1) sebagian besar memiliki dukungan keluarga dalam kategori sedang (2) sebagian besar memiliki tingkat psychological well being dalam kategori sedang (3) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan psychological well being dengan tingkat signifikansi sebesar 0.00