Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kematangan Emosi dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Goodies K-Pop pada Komunitas YG Family for Malang

Yessi Nurhabibah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhabibah, Yessi. 2016. Hubungan Kematangan Emosi dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Goodies K-Pop pada Komunitas YG Family for Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moh.Irtadji, M.Si., (II) Gamma Rahmita UH, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: kematangan emosi, konformitas, perilaku konsumtif

Kematangan emosi adalah kemampuan untuk mengarahkan emosi dasar yang kuat dengan cara-cara yang lebih dapat diterima di lingkungan. Konformitas adalah perilaku yang berdasarkan persepsi terhadap kelompok acuan. Perilaku konsumtif adalah perilaku membeli secara berlebihan yang lebih karena faktor keinginan daripada kebutuhan. Perilaku membeli Goodies Kpop tidak bermasalah bila jika dilakukan secara wajar, tetapi akan timbul permasalahan bila itu dilakukan secara terus menerus dan tidak sesuai kebutuhan. Hal ini dapat menimbulkan perilaku konsumtif dikalangan remaja penggemar K-Pop yang sebagian besar juga belum memiliki pendapatan sendiri (Tambunan, 2001). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat kematangan emosi (2) tingkat koformitas (3) tingkat perilaku konsumtif (4) hubungan antara kematangan emosi dengan perilaku konsumtif goodies K-Pop pada komunitas YG Family for Malang. (5) hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif goodies K-Pop pada komunitas YG Family fo Malang. (6) hubungan antara kematangan emosi dan konformitas pada komunitas YG Family for Malang. (7) hubungan antara kematangan emosi dan konformitas dengan perilaku konsumtif goodies K-Pop pada komunitas YG Family for Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasi. Pengumpulan data menggunakan skala kematangan emosi, skala konformitas dan skala perilaku konsumtif goodies. Data dari penelitian ini dianalisi menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) tingkat kematangan emosi pada 43% anggota komunitas YG Family for Malang termasuk rendah dan 57% responden termasuk tinggi; (2) tingkat konformitas komunitas YGFM sebesar 43% termasuk rendah dan 57% termasuk tinggi; (3) tingkat perilaku konsumtif goodies K-Pop komunitas YGFM sebesar 43% termasuk rendah dan 57% termasuk tinggi; (4) hubungan kematangan emosi dan perilaku konsumtif diperoleh r = -0,438 dan nilai sig. sebesar 0,003 berarti terdapat hubungan negatif yang signifikan; (5) hubungan konformitas dengan perilaku konsumtif goodies K-Pop diperoleh r = 0,556 nilai sig. sebesar 0,000 berarti terdapat hubungan positif yang signifikan. (6) hubungan kematangan emosi dengan konformitas diperoleh r = -0,42 dan nilai sig. sebesar 0,787 berarti terdapat hubungan negatif yang signifikan; (7) hubungan antara kematangan emosi dan konformitas dengan variabel perilaku konsumtif goodies K-Pop koefisien korelasi sebesar 0,6694 yang berarti hubungannya kuat. Konformitas dan kematangan emosi mampu berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif goodies K-Pop.