Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Otoritarianisme Sayap Kanan sebagai Prediktor Prasangka terhadap Homoseksual pada Anggota Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Universitas Brawijaya Malang

Farah Dhiba Noer Azizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Azizah, Farah Dhiba Noer. 2016. Otoritarianisme Sayap Kanan sebagai Prediktor Prasangka terhadap Homoseksual pada Anggota Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Universitas Brawijaya Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Tutut Chusniyah, M.Si (II) Aji Bagus Priyambodo, S.Psi, M.Psi

 

Kata Kunci: Prasangka terhadap Homoseksual, Otoritarianisme Sayap Kanan, Anggota Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)

 

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat prasangka terhadap homoseksual pada anggota KAMMI Universitas Brawijaya Malang, (2) mengetahui tingkat otoritarianisme sayap kanan pada anggota KAMMI Universitas Brawijaya Malang, (3) mengetahui otoritarianisme sayap kanan sebagai prediktor prasangka terhadap homoseksual pada anggota Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia KAMMI Universitas Brawijaya Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif dan prediktif. Populasi dalam penelitian ini yaitu anggota KAMMI Universitas Brawijaya Malang yang berjumlah 500 orang dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa skala otoritarianisme sayap kanan dan skala prasangka terhadap homoseksual. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan pengkategorian berdasarkan skor T. Untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar anggota Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Universitas Brawijaya Malang (1) memiliki prasangka terhadap homoseksual dalam kategori tinggi (2) memiliki otoritarianisme sayap kanan dalam kategori tinggi (3) otoritarianisme sayap kanan sebagai prediktor prasangka terhadap homoseksual pada anggota Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Universitas Brawijaya Malang dengan signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai rxy = 0,353 dengan koefisien determinasi 0,124.

Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah (1) bagi masyarakat: diharapkan masyarakat meningkatkan keterbukaan terhadap sesuatu yang baru dan berbeda (2) bagi peneliti selanjutnya: skala yang digunakan dalam penelitian disesuaikan ke dalam konteks Indonesia, mempertimbangkan untuk mengubah populasi dan menambah jumlah sampel, peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan menambah variabel persepsi ancaman dan pola asuh (3) bagi anggota KAMMI: diharapkan dapat mempertahankan sikap moderat terhadap kelompok minoritas.