Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI SOSIAL PRIA TRANSGENDER TERHADAP PEKERJA SEKS KOMERSIAL

DEVI EKA JOHANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Johana, Devi Eka. 2016. Persepsi Sosial Pria Transgender terhadap Pekerja Seks Komersial. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed., (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: persepsi sosial, pria transgender, pekerja seks komersial

 

Persepsi sosial merupakan serangkaian proses yang digunakan untuk mencoba mengenal dan memahami orang lain. Setiap orang mempunyai cara yang berbeda dalam mengenali dan memahami karakter satu sama lain. Persepsi individu terhadap orang lain tidak terlepas dari pengaruh lingkungan. Persepsi sosial juga dialami oleh pria transgender terhadap pekerja seks komersial wanita dalam mendapatkan pelanggan di tempat lokalisasi.Pria transgender merupakan seseorang yang telah diidentifikasi sebagai laki-laki saat lahir tapi yang mengenal dan membawakan dirinya sebagai perempuan. Dalam menjalankan profesi sebagai pekerja seks komersial, pria transgender mengalami beberapa permasalahan berupa konflik dengan pekerja seks komersial wanita.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengungkap secara mendalam terkait persepsi sosial transgender terhadap pekerja seks komersial.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan model penelitian studi kasus fenomenologi. Partisipan pada penelitian ini adalah tiga pria transgender yang berprofesi sebagai pekerja seks komersial dan sedang melakukan pemeriksaan rutin di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kualitatif jenis wawancara terpimpin, observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik dan validasi data menggunakan triangulasi sumber dan member checking.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi sosial pria transgender terhadap pekerja seks komersial adalah seorang wanita yang bekerja memberi layanan seks komersial yang berpenampilan fisik kurang menarik secara seksual namun memiliki interaksi sosial dan konsep diri yang baik.