Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Efikasi Diri Akademik terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Baru Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Putri Purnamasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Purnamasari, Putri. 2016.  Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Efikasi Diri Akademik terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Baru  Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (II) Aji Bagus Priyambodo., S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: dukungan  sosial orang tua, efikasi diri akademik, prestasi akademik

 

Mendapat sebutan sebagai mahasiswa merupakan suatu kebanggan sekaligus tantangan. Tuntutan terbesar yang dialami oleh mahasiswa adalah yang berkaitan dengan kesuksesan di bidang akademik. Terdapat berbagai faktor untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, seperti faktor lingkungan keluarga dan efikasi diri.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran dukungan sosial orang tua mahasiswa baru Fakultas Pendidikan Psikologi, (2) untuk mengetahui gambaran efikasi diri akademik mahasiswa baru Fakultas Pendidikan Psikologi, (3) untuk mengetahui gambaran prestasi akademik mahasiswa baru Fakultas Pendidikan Psikologi, (4) untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap prestasi akademik mahasiswa baru Fakultas Pendidikan Psikologi, (5) untuk mengetahui pengaruh efikasi diri akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa baru Fakultas Pendidikan Psikologi, (6) untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua dan efikasi diri akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa baru Fakultas Pendidikan Psikologi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru Fakuktas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang dengan sampel sejumlah 100 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan  dalam penelitian ini adalah random sampling. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan prosentase skor T, dan dianalisis regresi menggunakan teknik regresi sederhana dan analisis regresi ganda.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa baru Fakultas Pendidikan Psikologi universitas Negeri Malang (1) memiliki tingkat dukungan sosial orang tua yang relatif sama, (2) memiliki tingkat efikasi diri akademik lebih banyak yang rendah, (3) memiliki tingkat prestasi akademik yang tinggi, (4) ada pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap prestasi akademik, (5) ada pengaruh efikasi diri akademik terhadap prestasi akademik, dan (6) ada pengaruh dukungan sosial orang tua dan efikasi diri akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa baru Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.