Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan SMA Siswa SMP Negeri 3 Tumpang Satu Atap

Dewi Nurhidayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhidayati, Dewi. 2016. Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan SMA Siswa SMP Negeri 3 Tumpang Satu Atap. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psiko-logi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudjiono, S.Pd., M.Si, (II) Ike Dwiastuti, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci: siswa SMP, dukungan sosial orang tua, prestasi belajar, minat melanjutkan pendidikan SMA

 

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan SMA siswa SMP Negeri 3 Tumpang Satu Atap. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis regresi ganda. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IX SMP Negeri 3 Tumpang Satu Atap yang berjumlah 36 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh, maka diambil 36 siswa. 2 instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial orang tua dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,915 dan skala minat melanjutkan pendidikan SMA dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,900. Selain itu menggunakan dokumen rapor siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R = 0,723 dengan adjusted R square sebesar 0,493. Hal ini berarti bahwa 49,3% minat melanjutkan pendidikan SMA siswa SMP Negeri 3 Tumpang Satu Atap dipengaruhi oleh variabel dukungan sosial orang tua dan prestasi belajar, sedangkan sisanya 50,7% dipengaruhi oleh  variabel lain.

Saran yang diberikan kepada siswa adalah: 1) sebaiknya siswa meningkatkan motivasi dalam belajar, 2) sebaiknya siswa menyadari pentingnya pendidikan untuk kehidupan selanjutnya. Saran yang diberikan kepada orang tua/sekolah  adalah: 1) diperlukan adanya suatu kerja sama dari pihak sekolah dan pihak orang tua siswa untuk memberikan motivasi kepada siswa, 2) menyadarkan siswa pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Saran yang diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah: 1) diharapkan menggunakan subjek penelitian yang lebih banyak karena penelitian ini terbatas hanya pada siswa kelas IX dan hanya terdapat satu kelas, sehingga tidak memungkinkan untuk mengambil subjek dengan jumlah yang banyak, 2) menambah variabel lain yang mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan yaitu kondisi sosial ekonomi orang tua, teman sebaya, lingkungan sosial budaya, motivasi berprestasi, dan bakat.