Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kecanduan Media Sosial dan Produktivitas Kerja Karyawan Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang

Pristianti Indah Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Pristianti Indah. 2016. Hubungan Antara Kecanduan Media Sosial dan Produktivitas Kerja KaryawanPerpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudjiono, S.Pd., M.Si, (II) Gamma Rahmita U.H., S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci : kecanduan media sosial, produktivitas kerja, karyawan

 

Kecanduan media sosial merupakan fenomena psikologis yang terjadi pada masyarakat, terutama pada karyawan. Kecanduan media sosial pada karyawan dapat menurunkan produktivitas kerja. Produktivitas kerja karyawan merupakan hal penting dalampeningkatan mutu dan kualitas kinerjaorganisasi, karena mengacu padaperforma, hasil kerjadan kinerja individu.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) tingkat kecanduan media sosial karyawan,(2) tingkat produktivitas kerja karyawan, (3) adakah hubungan antara kecanduan media sosial dan produktivitas kerja karyawan Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang.

Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional.Sampel sebanyak 36 responden diambil dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah skala kecanduan media sosial mengacu teori DSM-V (2013)sebanyak 31 aitem dengan reliabilitas 0,925 dan skala produktivitas kerja mengacu teori Amrun (2004) sebanyak 52 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,963.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  tingkat kecanduan media sosial karyawan berada dalam kategori rendah, (2) tingkat produktivitas kerja karyawan berada dalam kategori tinggi, (3) ada hubungan negatif yang signifikan antara kecanduan media sosial dan produktivitas kerja karyawan Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang sebesar -0,671 dengan signifikansi 0,000 α