Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PRASANGKA SOSIAL DAN INTENSI MELAKUKAN DISKRIMINASI MAHASISWA ETNIS JAWA TERHADAP MAHASISWA YANG BERASAL DARI NUSA TENGGARA TIMUR

Femita Adelina

Abstrak


ABSTRAK

 

Adelina, Femita. 2016. Hubungan antara Prasangka Sosial dan Intensi Melakukan Diskriminasi Mahasiswa Etnis Jawa terhadap Mahasiswa yang Berasal dari Nusa Tenggara Timur. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed., (II) Indah Yasminum Suhanti, M.Psi, Psi.

 

Kata kunci: prasangka sosial, intensi diskriminasi, mahasiswa Jawa.

 

Kota Malang merupakan kota yang mayoritas penduduknya merupakan et-nis Jawa. Sebagai kota pendidikan, mahasiswa etnis Jawa yang ada disini juga berdampingan dengan etnis lain, salah satunya adalah mahasiswa yang berasal dari NTT. Mahasiswa asal NTT seringkali terlibat kasus tawuran baik yang melibatkan sesama mahasiswa NTT maupun dengan kelompok mahasiswa lainnya. Hal itu bukan tidak mungkin dapat memunculkan prasangka sosial dari mahasiswa etnis Jawa terhadap mereka. Lebih buruk lagi, prasangka sosial dapat berubah menjadi diskriminasi. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk mengungkap hubungan antara prasangka sosial dan intensi melakukan diskriminasi mahasiswa etnis Jawa terhadap mahasiswa yang berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan korela-sional. Populasi penelitian adalah mahasiswa etnis Jawa di universitas negeri dan swasta di Kota Malang. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sam-pling. Dari pusposive sampling diperoleh 35 orang mahasiswa etnis Jawa yang terdiri dari mahasiswa Universitas Negeri Malang dan mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Instrumen yang digunakan ada dua yaitu pengemba-ngan subtle and blatant prejudice scales yang dirancang oleh Pettigrew & Mer-teens dan skala intensi melakukan diskriminasi yang dirancang oleh peneliti ber-dasarkan konsep dasar intensi Icek Ajzen. Uji korelasi dilakukan dengan menggu-nakan formula pearson product moment dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.

Setelah dilakukan uji korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,636 dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil itu menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara prasangka sosial dan intensi melakukan diskriminasi mahasiswa etnis Jawa terhadap mahasiswa yang berasal dari Nusa Tenggara Ti-mur. Prasangka sosial mahasiswa etnis Jawa yang berada pada kategori sedang berhubungan dengan intensi melakukan diskriminasi yang sedang pula.

Saran yang dikemukakan: Masyarakat yang ada di lingkungan yang terda-pat mahasiswa asal NTT sebaiknya juga melakukan interaksi yang intens dengan mahasiswa asal NTT. Pemerintah daerah perlu membuat suatu program yang dapat meningkatkan kondisi ini. Pihak perguruan tinggi perlu mempertahankan kondisi ini dengan membuat mahasiswa etnis Jawa dan mahasiswa asal NTT lebih saling mengenal satu sama lain sejak PKPT. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah jumlah sampel penelitian sehingga hasilnya dapat digeneralisasi pada populasi, serta dapat mengembangkan ruang lingkup penelitian sehingga subjek penelitian tidak hanya terbatas pada mahasiswa saja, namun juga kelompok lain seperti masyarakat yang mengetahui mahasiswa asal NTT.