Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kesejahteraan Psikologis dengan Komitmen Kerja Operator Excavator di PT. Saptaindra Sejati Admo Kalimantan Selatan

Sella Fidya Maharani

Abstrak


ABSTRAK

 

Maharani, Sella Fidya. 2016. Hubungan Kesejahteraan Psikologis dengan Komitmen Kerja Pada Operator Excavator di PT. Saptaindra Sejati Admo Kalimantan Selatan. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si, (II) Ninik Setiyowati, M.Psi.

 

Kata Kunci : kesejahteraan psikologis, komitmen kerja

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang: (1) deskripsi kesejahteraan psikologis operator excavator, (2) deskripsi komitmen kerja operator excavator, (3) melihat apakah ada hubungan antara kesejahteraan psikologis dengan komitmen kerja operator excavator di PT.Saptaindra Sejati Admo.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan teknik pearson product moment. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 118 diperoleh dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala kesejahteraan psikologis sebanyak 33 aitem dengan reliabilitas 0,868 dan skala komitmen kerja sebanyak 14 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,852.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesejahteraan psikologis operator excavator di PT.Saptaindra Sejati Admo berada dalam kategori tinggi, (2) komitmen kerja operator excavator di PT.Saptaindra Sejati Admo berada dalam kategori tinggi. (3) kesejahteraan psikologis memiliki hubungan dengan komitmen kerja.

Saran yang diberikan terkait hasil penelitian ini adalah 1)  bagi perusahaan diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan untuk lebih memerhatikan kondisi psikologis khususnya kesejahteraan psikologis operator, dalam meningkatkan komitmen kerja, 2)  bagi peneliti selanjutnya untuk lebih memperluas penelitian dengan menggali karakteristik subjek berbeda dan atau dengan metode penelitian yang berbeda sehingga dapat mengungkap banyak wacana baru.