Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KELAS SOSIAL DAN SIKAP ISTRI TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI DUSUN KANDANGAN KABUPATEN MOJOKERTO

FIRA RACHMAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmawati, Fira. 2016. Hubungan Antara Kelas Sosial Dan Sikap Istri Terhadap Pelaksanaan Program Keluarga Berencana Di Dusun Kandangan Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A, (II) Indah Yasminum Suhanti S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: kelas sosial, sikap, KB, Kandangan

 

Kemiskinan dan kepadatan penduduk di Indonesia merupakan masalah sosial yang terus berkembang setiap tahunnya. Salah satu hal yang menyebabkan kemiskinan adalah jumlah beban anggota keluarga. Apabila ekonomi rendah maka kemampuan untuk memenuhi kebutuhan bagi keluarga juga rendah. Oleh karena itu pemerintah mengadakan suatu program untuk mengatasi kepadatan penduduk, yaitu dengan program Keluarga Berencana (KB). Program ini menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat, khususnya sasaran KB. Banyak faktor yang melatarbelakangi sikap seseorang, contohnya budaya, sosial, ekonomi, pengalaman, persuasi, dll.

Dampak kemiskinan juga menjalar ke berbagai daerah terpencil. Salah satu daerah termiskin di Kabuaten Mojokerto adalah Dusun Kandangan. Sebagian besar penduduknya berada di kelas ekonomi rendah. Untuk itulah dilakukan penelitian yang berkaitan dengan hubungan kelas sosial dan sikap istri terhadap program KB di Dusun Kandangan Kabupaten Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskripsi korelasi. Data penelitian diambil dengan cara membagikan kuisioner pada sampel 50 istri di Dusun Kandangan dengan karakteristik khusus, yaitu menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian berupa skala sikap dan skala kelas sosial. Instrumen yang diberikan adalah instrumen yang sudah tervalidasi dan terrealibilitasi setelah sebelumnya dilakukan tryout pada sampel dengan karakteristik sama. Kegiatan analisis data dimulai dengan skoring, menentukan Tscore, lalu analisis korelasi dengan menggunakan Product Moment pada SPSS 16.0 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga simpulan sebagai berikut: pertama, jumlah istri yang bersikap positif dan negatif terhadap pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) di Dusun Kandangan Kabupaten Mojokerto besarnya hampir sama. Kedua, sebagian besar istri berada pada kelas sosial tinggi di Dusun Kandangan Kabupaten Mojokerto. Ketiga, ada hubungan negatif signifikan antara kelas sosial dan sikap istri terhadap pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) di Dusun Kandangan Kabupaten Mojokerto.