Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Kematangan Emosi dan Pengetahuan Moral Seksual dengan Perilaku Seksual Siswa SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso

RIZKY TRIANDINA PUTRI

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Rizky Triandina. 2016. Hubungan antara Kematangan Emosi dan Pengetahuan Moral Seksual dengan Perilaku Seksual Siswa SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imanuel Hitipeuw, M.A. (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: kematangan emosi, pengetahuan moral seksual, perilaku seksual

 

Fase perkembangan masa remaja merupakan segmen perkembangan yang sangat penting dalam perkembangan hidup manusia, dimana dalam tahap perkembangan tersebut terdapat perubahan yang pesat baik secara fisik, kognitif, dan sosioemosional. Seiring dengan perkembangannya remaja mulai menumbuhkan rasa ketertarikan pada lawan jenis yang diekspresikan melalui pacaran. Namun, seiring dengan perkembangannya pacaran mulai mengalami pergeseran makna, dimana mulai ditemukan banyaknya perilaku seksual pra nikah didalam kegiatan berpacaran. Kurangnya kontrol diri yang dikarenakan oleh kurang matangnya emosi remaja, dan kurangnya pengetahuan moral seksual pada diri remaja dianggap sebagai salah satu alasan munculnya perilaku seksual pada remaja.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran kematangan emosi siswa SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso, (2) untuk mengetahui gambaran pengetahuan moral seksual siswa SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso, (3) untuk mengetahui gambaran perilaku seksual siswa SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso, (4) untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dengan perilaku seksual siswa SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso, (5) untuk mengetahui hubungan pengetahuan moral seksual dengan perilaku seksual siswa SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso, (6) untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dan pengetahuan moral seksual dengan perilaku seksual siswa SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso, dengan sampel sejumlah 171 siswa. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan prosentase skor T, dan dianalisis korelasi menggunakan teknik korelasi pearson product moment analisis parsial dan analisis korelasi ganda dengan bantuan software SPSS 16.0.

Kesimpulan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa di SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso (1) memiliki tingkat kematangan emosi rata-rata, (2) memiliki pengetahuan moral rata-rata, (3) memiliki perilaku seksual rata-rata, (4) terdapat hubungan negatif signifikan antara kematangan emosi dan perilaku seksual, (5) terdapat hubungan negatif signifikan antara penegtahuan moral seksual dan perilaku seksual, dan (6) terdapat hubungan signifikan antara kematangan emosi dan pengetahuan moral seksual dengan perilaku seksual siswa SMP Negeri 2 Tamanan Bondowoso.