Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Logoterapi terhadap Kepuasan Hidup Lansia

Zuriska Laufadrina

Abstrak


ABSTRAK

 

Laufadrina, Zuriska. 2016. Pengaruh Logoterapi terhadap Kepuasan Hidup Lansia. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (II) Drs. Moh. Bisri, M.Si.

 

Kata kunci: lansia, kepuasan hidup, logoterapi

 

Masa lansia merupakan masa di mana banyak perubahan dan permasalahan yang terjadi baik secara fisik, kognitif, psikologis, maupun sosial. Hal tersebutlah yang menuntut para lansia untuk beradaptasi agar dapat mencapai kepuasan dalam hidupnya. Kepuasan hidup merupakan kondisi di mana lansia mampu menikmati pengalaman sebagai ukuran kebahagiaan dan kesejahteraan psikologisnya. Lansia dapat mencapai kepuasan hidup apabila kegiatan yang hilang atau mengalami penurunan, diganti dengan kegiatan baru. Kegiatan fisik yang mengalami kemunduran, perlu diganti dengan meningkatkan kegiatan kognitif, psikologis, dan sosial. Logoterapi dapat menjadi sebuah solusi untuk mereduksi berbagai masalah yang menimpa para lansia dengan memberi bantuan untuk menjalani hidup yang lebih bermakna agar dapat mencapai kepuasan dalam hidupnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh logoterapi terhadap kepuasan hidup lansia.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah lansia Desa Dukuhdempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, yang berjenis kelamin perempuan sebanyak 40 lansia dengan pembagian secara random yaitu 20 lansia untuk kelompok eksperimen dan 20 lansia untuk kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi instrumen pengumpulan data dan instrumen perlakuan yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Instrumen pengumpulan data berupa skala kepuasan hidup lansia yang berjumlah 22 aitem dengan indeks reliabilitas sebesar 0,886. Sedangkan instrumen perlakuan berupa panduan logoterapi dengan indeks uji ahli 1,00.

Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh logoterapi terhadap kepuasan hidup lansia.

Saran yang diberikan kepada praktikan adalah: 1) logoterapi dapat diterapkan karena cukup efektif dan adaptif untuk tindakan yang diberikan kepada lansia, dan 2) diharapkan menggunakan logoterapi untuk membantu lansia menjalankan hidup yang bermakna sehingga meningkatnya kepuasan hidup. Saran yang diberikan kepada penelitian selanjutnya adalah: 1) diharapkan mencari konselor yang memahami logoterapi dan bisa menerapkannya, 2) diharapkan meminta bantuan atau membawa pendamping, 3) diharapkan meminta bantuan penerjemah untuk menerjemahkan bahasa jika dilakukan pada daerah tertentu, dan 4) diharapkan jika menggunakan rancangan yang sama, perlu adanya perlakuan dengan pendekatan tertentu terhadap kelompok kontrol.