Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lumajang

ARINTA Nur Setya SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Arinta Nur Setya. 2016. Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lumajang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudjiono, S.Pd., M.Si, (II) Ike Dwiastuti S.Psi., M.Psi.

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 5 Lumajang ditinjau dari tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua siswa. Keseluruhan jumlah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lumajang sebanyak 211 orang yang kemudian diambil sampel dengan metode simple random sampling dan ditemukan bahwa sampel penelitian sejumlah 103 siswa.

Instrumen yang digunakan adaalah skala pola asuh orang tua yang di adaptasi dari Constructionand Validation of Scale of Parenting Scale dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,739. Dokumentasi berupa nilai raport untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan buku induk siswa untuk mengetahui pendidikan terakhir orang tua.

Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil analisis desriptif dari 103 subjek yang diteliti menunjukkan bahwa 56 siswa (54,37%) memiliki prestasi belajar rendah, 52 siswa (50,48%) memiliki orang tua dengan pendidikan rendah, dan 62 siswa (60,19%) memperoleh pola asuh yang bersifat negatif yaitu neglect, otoriter, dan indulgent. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis komparatif two way anova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,033, artinya tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua dapat membedakan prestasi belajar.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh tiga kesimpulan hipotesis yaitu (1) tidak terdapat perbedaan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VIII; (2) terdapat perbedaan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas VIII; dan (3) terdapat perbedaan prestasi belajar ditinjau dari tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua siswa kelas VIII. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengembangan skala yang lebih baik lagi pada skala pola asuh orang tua. Guru diharapkan dapat menerapkan teknik pola asuh demokratis dalam proses pembelajaran di dalam kelas.