Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Konsep Diri dan Persepsi terhadap Kelompok Persahabatan dengan Keputusan Pembelian Pakaian pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Devid Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Devid. 2016. Hubungan Konsep Diri dan Persepsi terhadap Kelompok Persahabatan dengan Keputusan Pembelian Pakaian pada Mahsiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Fattah Hidayat, S.Psi, M. Si (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi, M.PSi.

 

Kata Kunci: konsep diri, persepsi terhadap kelompok persahabatan, keputusan  pembelian pakaian

 

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui konsep diri mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (2) Mengetahui persepsi terhadap kelompok persahabatan mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (3) Mengetahui keputusan pembelian pakaian pada mahasisi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (4) Hubungan konsep diri dengan keputusan pembelian pakaian di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (5) Hubungan persepsi terhadap kelompok persahabatan dengan keputusan pembelian pakaian di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (6) Hubungan konsep diri dan persepsi terhadap kelompok persahabatan dengan keputusan pembelian pakaian di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian ini sejumlah 2809 mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan sampel yang diambil sejumlah 100 mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan teknik purpossive sampling. Instrumen penelitian ini berupa skala konsep diri, skala persepsi terhadap kelompok persahabatan, dan skala sikap terhadap keputusan pembelian.

Analisis deskriptif dengan pengkategorian skor T. Uji hipotesis dengan korelasi product moment dan korelasi ganda dengan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitiannya menunjukkan mahasiswi Fakultas Ekonomi (1) sebagian besar konsep dirinya tinggi (2) sebagian besar persepsi terhadap kelompok persahabatannya rendah (3) sebagian besar keputusan pembeliannya rendah (4) ada hubungan antara konsep diri dan  keputusan pembelian dengan (rxy=0,26, p=0,009 < 0,05); (5) ada hubungan antara persepsi terhadap kelompok persahabatan dan  keputusan pembelian dengan (rxy=0,285, p=0,004 < 0,05); (6) ada hubungan antara konsep diri dan persepsi terhadap kelompok persahabatan dengan keputusan pembelian dengan R=0,419, p=0,000 < 0,005 dengan pengaruh sebesar R= 0,175.

Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah: (1) bagi mahasiswi, keluarga, dan masyarakat umum: diharap mahasiswi, masyarakat, dan orang tua dapat menjadi konsumen bijak dan melakukan pembelian sesuai kebutuhan (2) bagi peneliti selanjutnya: diharap dapat mengembangkan penelitian dengan variabel dari faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis.