Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS TEAM BUILDING TRAINING DALAM MENINGKATKAN TEAMWORK PADA TIM BOLA BASKET UNIVERSITAS NEGERI MALANG

USLARIKA HIDA RAHMA

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahma, Uslarika Hida. 2016. Efektivitas Team Building Training Dalam Meningkatkan Teamwork Pada Tim Bola Basket Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diyah Sulistiyorini, S.Psi, M.Psi (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: Team Building Training, Teamwork, Tim bola basket.

 

Teamwork merupakan proses psikologis, perilaku, dan mental dari anggota tim untuk berkolaborasi serta berkoordinasi secara efektif dalam upaya mencapai tujuan. Teamwork terdiri atas enam aspek yaitu komunikasi, koordinasi, keseimbangan kontribusi anggota, dukungan, usaha, dan kohesi. Teamwork yang efektif akan menciptakan pengaruh yang positif terhadap kesuksesan sebuah tim, munculnya sedikit konflik dengan adanya teamwork mampu mencapai resolusi dari konflik tersebut. Fakta dalam tim bola basket di Universitas Negeri Malang menunjukkan bahwa teamwork belum berjalan efektif. Enam aspek teamwork yang seharusnya ada pada sebuah tim, belum terwujud. Upaya perbaikan teamwork dilakukan dengan pemberian team building training berdasarkan analisis kebutuhan dalam tim.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas team building training dalam meningkatkan teamwork. Penelitian menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen, dengan model one group pretest-posttest design. Analisis uji beda menggunakan analisis statistik parametrik paired sample t-test. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menggunakan seluruh anggota tim bola basket Universitas Negeri Malang sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Kuisioner Teamwork yang merupakan adaptasi dari Teamwork Quality (TWQ) milik Hoegl dan Gemuenden (2001). Treatmen dilakukan menggunakan modul panduan pelaksanaan Team Building Training untuk meningkatkan Teamwork subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan team building training efektif untuk meningkatkan teamwork pada tim bola basket Universitas Negeri Malang dengan nilai p= 0,000 < 0,05 dan nilai t sebesar -20,481 > 2,045 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian teratmen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa team building training efektif dalam meningkatkan teamwork pada tim bola basket Universitas Negeri Malang, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan teamwork sebuah tim. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan oleh pelatih atau Coach untuk meningkatkan kerjasama yang efektif. Bagi peneliti selanjutnya, melakukan penelitian dengan menggunakan metode team building training yang lain dan bisa diterapkan di penelitian-penelitian selanjutnya.