Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Gaya Resolusi Konflik dengan Task Commitment pada Siswa SMK Tunas Bangsa Malang

Sekar Arrum Cahya Githami

Abstrak


ABSTRAK

 

Githami, Sekar Arrum Cahya. 2015. Hubungan antara Gaya Resolusi Konflik dengan Task Commitment pada Siswa SMK Tunas Bangsa Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si. (2) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: gaya resolusi konflik, task commitment, SMK

 

Task commitment adalah suatu dorongan dalam diri individu untuk bertanggung jawab dan menyelesaikan tugas yang diterima, meskipun mengalami hambatan dalam pengerjaanya. Task commitment merupakan motivasi internal yang timbul pada diri seorang siswa. Komitmen tugas seorang siswa tidak hanya terdorong internal faktor saja, melainkan juga bisa timbul melalui open faktor (eksternal), seperti hubungan antar siswa. Apabila hubungan antar siswa mengalami sesuatu hal dan menimbulkan suatu konflik, maka gaya resolusi konflik merupakan cara untuk mengatasi konflik. Gaya resolusi konflik adalah cara dalam menangani masalah dengan menunjukkan respon-respon berpola, dan atau kelompok perilaku yang digunakan orang dalam menghadapi konflik, yang meliputi gaya avoiding, dominating, compromise, obliging, dan integration.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gaya resolusi konflik pada siswa SMK Tunas Bangsa Malang, (2) mendeskripsikan task commitment pada siswa SMK Tunas Bangsa Malang, (3) mengetahui adanya hubungan antara gaya resolusi konflik dengan task commitment pada siswa SMK Tunas Bangsa Malang.

Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional, dengan metode sampling insidental sebanyak 57 siswa SMK Tunas Bangsa Malang. Instrumen yang digunakan adalah skala gaya resolusi konflik (reliabilitas = 0,771) dan skala task commitment (reliabilitas = 0,951). Data analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis korelasi Product Moment Pearson.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel gaya resolusi konflik dengan variabel task commitment pada siswa (sig.=0,000) atau p