Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

BENTUK INTERAKSI SOSIAL KELOMPOK PECANDU NARKOBA USIA REMAJA

Achmad Vicki Alhabsi

Abstrak


ABSTRAK

 

Alhabsi, Achmad Vicki. 2015. Bentuk Interaksi Sosial Kelompok Pecandu Narkoba Usia Remaja. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat S.Psi, M.Si, Psikolog (II) Ike Dwiastuti, S.Psi., M.Psi..

 

Kata kunci: interaksi sosial, remaja, narkoba.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk interaksi sosial kelompok pecandu narkoba usia remaja dan faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk interaksi sosial kelompok pecandu narkoba usia remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus, dengan pemilihan subjek menggunakan teknik purposive, subjek penelitian berjumlah 3 (tiga) orang dengan kriteria (1) Subjek merupakan remaja laki-laki berusia kisaran 12 – 20 tahun, (2) Subjek adalah penduduk asli daerah tersebut, (3) Subjek merupakan perokok aktif. Penggalian data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk interaksi sosial kelompok pecandu narkoba usia remaja mempunyai satu kesimpulan umum, yaitu mereka berinteraksi sosial dengan lebih cenderung ke dalam bentuk kerjasama. Faktor yang mempengaruhi bentuk-bentuk interaksi sosial kelompok pecandu narkoba usia remaja adalah imitasi, sugesti, identifikasi, dan simpati.

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan adalah Para pecandu narkoba usia remaja seharusnya lebih bersosialisai dengan masyarakat untuk aktif dalam pembangunan atau organisasi di desa, karena mereka telah memiliki kepercayaan diri kembali meskipun hal itu dipengaruhi oleh kecanduan narkoba.

Saran untuk peneliti selanjutnya adalah untuk mengembangkan kerjasama para pecandu narkoba usia remaja agar lebih nampak kepada masyarakat di daerah masing-masing subjek yang diteliti. Peneliti selanjutnya juga diharapkan mampu memberikan tambahan pengamatan atau observasi yang mendalam secara berkelanjutan sehubungan dengan bentuk interaksi sosial kelompok pecandu narkoba usia remaja.