Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Tingkat Plagiarisme Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya Malang

Fajar Akhmad Sugito

Abstrak


ABSTRAK

 

Sugito, Fajar Akhmad. 2015. Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Tingkat Plagiarisme Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya, Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi. Universsitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, S.Psi, M.Si , (II) Indah Y. Suhanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: Kontrol diri, tingkat plagiarism, dan mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya.

 

Kontrol diri adalah suatu proses yang menjadikan individu sebagai agen utama dalam membimbing, mengatur, dan mengarahkan bentuk-bentuk perilaku yang dapat membawanya kearah konsekuensi positif. Factor yang diduga mempengaruhi plagiarism adalah control diri. Plagiarism bukan lagi menjadi masalah baru dalam dunia pendidikan. Kontrol diri dibutuhkan untuk menahan keinginan melakukan plagiarism.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kontroldiri memiliki pengaruh terhadap tingkat plagiarism pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitif. Sujek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Keprawatan Universitas Brawijaya, memiliki karakteristik laki-laki dan perempuan, merupakan angkatan 2013 dan 2014. Jumlah keseluruhan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 orang. Instrument yang digunakan berupa Skala Kontrol Diri dan Skala Plagiarisme. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Menurut tingkat plagiarism sebesar 12,3%, (R square 0,123, sig. 0,000 < 0,05) dengan metode regresi linier sederhana. Hal ini berarti masih terdapat 87,7% faktor lain yang mempengaruhi tingkat plagiarisme.

Berdasarkan hasil penelitian ini, untuk mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universita Brawijaya, memiliki tingkat kontrol diri yang tinggi. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan beberapa senior, hal itu didukung dengan tugas yang diberikan oleh dosen seringkali sama dari tahun ke tahun. Saran untuk dosen pengajar, sebaiknya tugas yang diberikan berbeda meskipun dalam materi kuliah yang sama sehingga menghindari terjadinya tindakan plagiarisme. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti faktor-faktor lain yang dapat menghambat tingginya tingkat plagiarisme yang terjadi dikalangan mahasiswa pada umunya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Sugito, Fajar Akhmad. 2015. Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Tingkat Plagiarisme Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya, Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi. Universsitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, S.Psi, M.Si , (II) Indah Y. Suhanti, S.Psi, M.Psi.

.

 

Keywords: self-control, the level of plagiarism, and students of Nursing Science Program Brawijaya University.

 

Self-control is a process which makes the individual as the main agent for guiding, organizing, and directing the forms of behavior that can bring it in the direction of positive consequences. The factor which is suspected to influencing plagiarism is self-control. Plagiarism is no new problem in the world of education. Self-control is needed for preventing the urge to commit plagiarism.

This research aims to determine whether self-control as an influence on the level of plagiarism in students Nursing Science Program Brawijaya University. This study uses a quantitative approach. The subjects are students of Nursing Science Program Brawijaya University, have the characteristics of men and women, are student off class 2013 and 2014. The total number of subjects which are used in this study is 80 people. Instruments used in the form of Self-Control Scale and Plagiarism Scale. The analysis which is used in this study is a simple linear regression analysis. According to the analyzes result we got the conclution that self-control has an influence on plagiarism level of 12,3%, (R square 0,123, sig. 0,000 < 0,05) with a simple linear regression method. This means that there are still 87,7%  are other factors affect the level of plagiarism.

Based on the result of this research, the students of Nursing Science Program Brawijaya University, have high degree of self-control. Based on interviews with several senior researchers. It is supported by the task of lecturers are often the same from year to year. Suggestions for lecturers, should given different task though in the same course material so as to avoid occurrence of acts of plagiarism. For further research, It is advisable to examine other factors that may inhibit the high level  of plagiarism that occur among students in general.