Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Self Efficacy Pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuham Khusus

arum nofitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Nofitasari, Arum. 2015. Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Self Efficacy pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Weni Utami, M. Si (II) Indah Yasminum Suhanti, S. Psi, M. Psi.

 

Kata kunci: regulasi emosi, self efficacy, ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

 

Pada saat mengetahui anaknya berbeda dibanding anak-anak lainnya, seringkali ibu menunjukkan reaksi emosional tertentu. Terdapat beberapa reaksi emosional yang biasanya dimunculkan antara lain  shock, penyangkalan, merasa tidak percaya, sedih, perasaan terlalu melindungi, kecemasan, perasaan menolak keadaan, perasaan tidak mampu, malu, marah, serta perasaan bersalah dan berdosa atas apa yang terjadi pada anak. Keadaan emosi tersebut juga memberikan informasi tentang self efficacy seseorang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan antara regulasi emosi dan self efficacy pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Subjek penelitian berjumlah 33 ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus, dengan lokasi penelitian di SDLB PGRI Kedungwaru Tulungagung. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala regulasi emosi dan skala self efficacy dengan uji validitas yang dilakukan menggunakan teknik product moment menghasilkan nilai signifikansi antara 0,000 – 0,049. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada 34 subjek yang memiliki karakteristik serupa dengan subjek penelitian. Reliabilitas dihitung menggunakan formula Alpha Cronbach menghasilkan reliabilitas skala regulasi emosi sebesar 0.986 dan skala self efficacy menghasilkan reliabilitas sebesar 0.932.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 45,45% subjek memiliki regulasi emosi yang tinggi, 54,55% subjek memiliki regulasi emosi yang rendah dan 45,45% subjek memiliki self efficacy tinggi, 54,55% memiliki self efficacy yang rendah. Terdapat hubungan positif antara regulasi emosi dan self efficacy dengan angka korelasi rxy = 0,756 yang berarti semakin tinggi regulasi emosi maka akan semakin tinggi pula self efficacy pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Disarankan agar ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus mengurangi emosi negatif atau memberikan respon emosi yang sesuai dengan keadaan, dengan mengikuti pelatihan yang bisa diadakan oleh sekolah yang bersangkutan. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya menunjang penelitian dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Nofitasari, Arum. 2015. Correlations between Regulation of Emotion and Self Efficacy on Mother Who Have Children with Disability. Thesis, Department of Psychology, Faculty of Educational Psychology, The Learning University of Malang. Advisors: (I) Dra. Weni Sri Utami, M. Si (II) Indah Jasminum Suhanti, S. Psi, M. Psi.

 

Keywords: regulation of emotion, self efficacy, mothers of children with special needs

 

When mothers know that her children with disability different than another children, anytime mothers show her reaction of emotion. There are many reaction of emotion, shock, rejection, not confident, sad and another emotion. This emotion to give information about self efficacy. This studi uses to know correlations between regulation of emotion and self efficacy on mother who have children with disability.

This study uses a quantitative approach with a descriptive correlation design. The subjects are 33 mothers of children with disabilities and the location of research at SDLB PGRI Kedungwaru Tulungagung. Subject retrieval used purposive sampling technique. The instrument in this research is the regulation of emotion scale and self efficacy scale, validity test scale with product moment technique and significant value between 0.000 to 0.049. Research instrument test was performed on 34 subjects who had similar characteristics with the subject of research. Reliability with alpha coefficient formula regulation of emotion is 0.986 and self efficacy with 0,932 reliability.

The results showed that 45,45% of the subjects had a high regulation of emotion, 55,55% of the subjects who had low regulation emotion and 45,45% of the subjects had a high self efficacy, 55,55% of the subject who had low self efficacy. There is a significant positive relationship between regulation of emotion and self efficacy with the correlation number rxy = 0,756 which means that the higher the regulation of emotion, the higher self efficacy of mothers who have children with special needs.

The sugestion for mothers of children with special needs be able to reduce her negative emotion according with situation, with training organized by the school concerned. For further research, should support research with different research methods.