Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Lama Pernikahan dengan Kepuasan Pernikahan

Gita Nanda Safitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Safitri, Gita Nanda. 2015. Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Lama Pernikahan dengan Kepuasan Pernikahan pada Istri. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (II) Gamma Rahmita UH.., S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci : komunikasi interpersonal, lama pernikahan, kepuasan pernikahan

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran mengenai komunikasi interpersonal padaistri, (2) gambaran mengenai lama pernikahanpadaistri, (3) gambaran mengenai kepuasanpernikahanpadaistri, (4) hubungan komunikasi interpersonal dengankepuasanpernikahanpadaistri(5)hubungan lama pernikahan dengan kepuasan pernikahan pada istri, (6) hubungan antara komunikasi interpersonal dan lama pernikahan dengan kepuasan pernikahan pada istri.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Subjek peneliti menggunakan teknik cluster random sampling yaitu sebanyak 89 istri di RW 08 Perumahan Canda Bhirawa Asri, Kab. Kediri yang masih memiliki suami dan tinggal bersama. Pengambilan data penelitian menggunakan skala komunikasi interpersonal yang memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,939, angket isian data usia pernikahan dan skala kepuasan pernikahan yang memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,946. Analisis data secara deskriptif menggunakan prosentase, analisis korelasi menggunakan tekhnik product moment dan analisis korelasi ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebihbanyakresponden yang, (1) memiliki tingkat komunikasi interpersonal yang tinggi (2) lama pernikahannya lebih panjang dari rata-rata usia pernikahan di lokasi penelitian (3) memiliki kepuasan pernikahan yang tinggi (4) ada hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan pernikahan dengan nilai r = 0,568 dan p = 0,000