Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MEROKOK PADA ANAK USIA 10-12 TAHUN

Mohammad Ilham Hakiki

Abstrak


ABSTRAK

 

Hakiki, Mohammad Ilham. 2015. Faktor-faktor Penyebab Perilaku Merokok Pada Anak Usia 10-12 Tahun. Skripsi Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si. (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi, M.Psi

 

Kata kunci : Perilaku merokok, Anak usia 10-12 tahun

 

Perilaku merokok adalah sesuatu yang dilakukan seseorang berupa membakar dan menghisapnya serta dapat menimbulkan asap yang dapat terhisap oleh orang-orang disekitarnya (Levy, dalam Aryani 2013). Perilaku merokok dilihat dari berbagai sudut pandang sangat merugikan, baik untuk diri sendiri maupun orang disekelilingnya. Ada beberapa riset yang mendukung pernyataan tersebut. Dilihat dari sisi kesehatan menurut Kendal & Hammen (dalam Komasari & Helmi, 2000) pengaruh bahan-bahan kimia yang dikandung rokok seperti nikotin, CO (karbonmonoksida) dan tar akan memacu kerja dari susunan syaraf simpatis sehingga meningkatkan tekanan darah meningkat dan detak jantung bertambah cepat. Perilaku merokok saat ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa atau remaja, sering dijumpai di jalan, warnet, rental PS dan tempat umum lainya anak-anak yang merokok. Data tentang jumlah perokok muda di Indonesia pada 2010, perokok usia 10-14 tahun tercatat sejumlah 426 ribu, melonjak dari 71 ribu pada 1995 (Pramudiarja, 2014).

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku merokok pada anak usia 10-12 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan observasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek pada penelitian dipilih menggunakan strategi typical sampling, yaitu pemilihan subjek berdasarkan keriteria anak usia antara 10-12 tahun yang memiliki kebiasaan merokok minimal satu batang rokok dalam sehari. Subjek yang digunakan berjumlah tiga anak.

Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab perilaku merokok pada anak usia 10-12 tahun adalah faktor lingkungan dan faktor dalam diri anak. Faktor lingkungan meliputi pengaruh orangtua, pengaruh teman, iklan, dan pengaruh budaya. Sedangkan faktor dalam diri subjek yaitu tahap perkembangan yang labil.

Sehingga diharapkan kepada orangtua, guru, dan masyarakat, agar memperhatikan dan peduli pada anak agar tidak terjerumus pada perilaku merokok.